Kisah di Belgia, Ada Nelayan Naik Kuda di Atas Lautan


Naviri Magazine - Umumnya nelayan mencari ikan di laut dengan naik kapal, perahu, atau semacamnya. Tapi di Belgia ada pemandangan unik. Nelayan di sana naik kuda saat mencari ikan, sehingga orang-orang yang melihatnya bisa takjub. Nelayan-nelayan yang naik kuda di laut itu mencari sejenis udang yang disebut crangon-crangon.

Crangon-crangon (udang abu-abu) sangat terkenal akan kelezatannya di Belgia. Udang jenis ini biasanya dipanen di laut bagian barat Belgia, terutama di Oostduinkerke yang dekat dengan perbatasan Dunkirk, Prancis.

Selain karena rasanya, crangon-crangon di Oostduinkerke juga populer lantaran cara nelayan menangkapnya. Alih-alih menggunakan perahu, para nelayan di daerah ini justru berpetualang ke laut sembari berkuda.

Sekitar 500 tahun lalu, berkuda merupakan satu-satunya cara untuk menangkap udang di Oostduinkerke. Khususnya saat tidak ada es di lautan, para nelayan akan berkuda sebelum air laut mulai surut; sambil membawa dua keranjang di samping kuda (untuk udang) serta jaring di belakang (untuk menangkap ikan).

Bagaimana pun, alasan mengapa nelayan berkuda hanya populer di Oostduinkerke, sebab pantainya yang luas tidak terganggu oleh gelombang besar. Kegiatan tersebut masih berlangsung hingga saat ini, meski tidak lagi seramai dulu, dan telah masuk dalam daftar UNESCO sebagai warisan budaya dari Belgia.

Related

International 4119764706319750811

Recent

item