Kisah Nyata Mengerikan di Balik Film The Conjuring (Bagian 1)


Naviri Magazine - The Conjuring adalah film horor yang sangat terkenal karena mengerikan. Film ini bahkan telah memiliki sekuel, The Conjuring 2. Di balik kengerian dalam film The Conjuring 2, ternyata ada kisah nyata yang tak kalah mengerikan, yang melatarbelakangi film tersebut.

Di sebuah rumah di Enfield, muncul beberapa kejadian menyeramkan yang bisa membuat bulu kuduk berdiri. Salah satunya adalah sebuah rekaman suara yang dipercaya merupakan suara Bill Wilkins. Rekaman ini muncul beberapa tahun setelah Bill mati, sehingga disebut suara dari kubur.

“Sesaat sebelum mati, saya menjadi buta, dan mengalami pendarahan, dan saya tertidur, dan saya mati di kursi di pojok tangga.” 

Itulah suara yang terdengar dari rekaman tersebut. Hingga sekarang, suara ini bisa didengar di rekaman.

Kasus lain yang dianggap lebih menakutkan adalah yang dialami oleh seorang remaja putri berusia 11 tahun, Janet Hodgson, yang dikatakan kerasukan.

“Enfield Poltergeist” yang terjadi di Inggris itu menjadi pembicaraan selama 30 tahun. Membuat polisi, dokter dan ahli di bidang okultisme serta wartawan kebingungan.

Dalam kasus tersebut, dikatakan ada anak yang melayang di udara, perabotan rumah yang bergerak di udara, dan benda-benda beterbangan di hadapan saksi mata. Ada udara dingin, serangan fisik, coretan, air muncul di lantai, dan bahkan api yang tiba-tiba menyala.

Seorang polisi wanita bahkan menandatangani surat sumpah bahwa dia melihat sebuah kursi bergerak. Ada lebih dari 30 saksi yang melihat kejadian-kejadian aneh di wilayah itu. Salah satu yang paling susah dijelaskan adalah kejadian yang menimpa seorang gadis cilik. 

Sepertinya, sang gadis kerasukan arwah Bill Wilkins, seorang pria tua yang pemarah dan suka berbicara kasar. Pria itu mati beberapa tahun sebelumnya, di rumah di Enfield. Putra Bill menyewa beberapa penyelidik untuk membuktikan kebenaran suara yang mengaku sebagai suara Bill.

Kisah ini berlangsung lebih dari setahun, di balik pintu sebuah rumah di kawasan pinggiran desa di Enfield. Banyak orang mempertanyakan kebenaran kasus ini, tapi penjelasan yang diajukan tidak memuaskan, sehingga membuat masyarakat percaya jika penyebab hal-hal aneh dalam kasus ini adalah hal supranatural.

Kisah “Enfield Poltergeist” ini dialami oleh keluarga Hodgson pada 1977 di Green Street, Enfield. Peggy Hodgson merupakan ibu tunggal dengan empat anak, sebuah status yang tidak biasa di waktu itu. Keempat anaknya adalah Margaret, 12, Janet, 11, Johnny, 10, dan Billy, 7.

Pada 30 Agustus 1977 malam, saat Peggy hendak menidurkan anak-anaknya, Janet mengeluh dari kamar atas, karena tempat tidur mereka bergerak. Peggy meminta anak-anaknya berhenti bermain dan tidur. Setelah itu, dimulailah kejadian-kejadian yang lebih aneh.

Peggy mendengar suara keras di bagian atas rumah. Saat dia masuk ke dalam kamar keempat anaknya, dia melihat lemari bergerak. Dia berusaha mendorong lemari itu mundur, tapi rupanya ada kekuatan tidak terlihat yang mendorong lemari itu maju. Seakan ada sebuah sosok yang berusaha menjebak keluarga itu untuk tetap tinggal di kamar dengan lemari berat itu.

“Kami berusaha memberitahu apa yang terjadi, dan dia mengecek perkataan kami sendiri. Dia melihat lemari itu bergerak. Saat dia mencoba mendorongnya kembali, dia tidak bisa,” terang Janet tentang peristiwa malam itu, dalam film dokumenter yang tayang di Channel 4.

Kakak Janet, Margaret, menjelaskan bagaimana keanehan yang terjadi di rumah itu bertambah. 

“Ada suara-suara aneh di rumah, Anda tidak bisa memahami apa yang sedang terjadi. Tidak satu pun dari kami bisa tidur. Kami mengenakan baju dan sandal, dan pergi ke rumah tetangga,” terangnya.

Keluarga itu meminta bantuan dari tetangga mereka, Vic dan Peggy Nottingham. Vic adalah tukang bangunan berbadan besar. Pria itu lantas pergi menyelidiki apa yang terjadi di rumah itu.

“Saya pergi ke sana, dan tidak bisa menebak asal suara-suara itu—ada suara ketukan di dinding, di kamar tidur, di plafon. Saya mulai merasa sedikit takut,” terang Vic.

“Dia berkata: ‘Saya tidak tahu apa yang harus dilakukan’. Saya tidak pernah melihat seorang pria besar terlihat takut seperti itu,” jelas Margaret.

Keluarga Hodgsons memanggil polisi, yang juga kebingungan. Seorang polisi wanita, Carolyn Heeps, melihat sebuah kursi bergerak. “Sebuah kursi besar bergerak, tanpa ada yang menggerakkan, dengan jarak 4 kaki,” katanya.

Dia mencoba mengecek jika ada kabel tersembunyi di kursi itu, tapi tidak menemukan penjelasan yang masuk akal soal apa yang dia lihat. Akhirnya para polisi pergi, memberitahu keluarga itu jika yang terjadi bukanlah urusan polisi, karena mereka tidak menemukan siapa pun melanggar hukum.

Keluarga itu lantas memanggil media. Fotografer Daily Mirror, Graham Morris, mengunjungi rumah itu. “Saat itu kacau, benda-benda mulai berterbangan, orang-orang menjerit,” katanya.

Beberapa kejadian aneh tertangkap kamera, dan foto-foto hasil jepretan kamera itu cukup menyeramkan. Salah satunya adalah foto Janet terlempar melintasi ruangan. Di foto lain, wajahnya terlihat kesakitan.

Kru BBC mengunjungi rumah itu, dan mereka menemukan komponen logam di tape mereka dirusak, dan rekaman mereka dihapus. Setelah itu, keluarga itu meminta bantuan dari the Society for Psychical Research (SPR). Badan ini mengirim penyelidik Maurice Grosse dan Guy Lyon Playfair, ahli poltergeist yang kemudian menulis sebuah buku, “This House Is Haunted” tentang peristiwa yang terjadi di sana.

Penulis Will Storr mewawancarai Maurice untuk bahan bukunya sendiri, “Will Storr vs The Supernatural”. Dalam buku itu, Will juga mengisahkan kasus ini. 

Maurice berkata, “Segera setelah saya tiba, saya menyadari kasus itu nyata, karena keluarga itu dalam kondisi buruk. Setiap orang kacau. Saat pertama saya datang, tidak ada apapun yang terjadi. Lalu saya melihat potongan-potongan Lego melayang melintasi ruangan dan kelereng-kelereng. Yang luar biasa adalah saat Anda menyentuhnya, benda-benda itu panas.”

“Saya berdiri di dapur, dan sebuah kaos melompat dari meja, dan terbang ke bagian lain dari dapur di dekat tempat saya berdiri,” tambahnya.

Para penyelidik ini terjebak dalam aktivitas supranatural, di mana berbagai kejadian poltergeist muncul. Sofa melayang di udara, perabot rumah berputar dan terbang melintasi ruangan. Keluarga itu dilempar keluar dari tempat tidur mereka di malam hari.

Baca lanjutannya: Kisah Nyata Mengerikan di Balik Film The Conjuring (Bagian 2)

Related

Film 5345361301821125309

Recent

item