Kisah Sukses Doni Salmanan: Bermodal Rp 280 Ribu, Kini Jadi Crazy Rich Indonesia


Sosok Doni Salmanan mulai dikenal sejak aksi dermanya membagi-bagikan uang di jalanan saat masa pandemi. Karena aksinya itu, warganet hingga sejumlah influencer dan Youtuber lainnya pun mengikuti aksi kebaikannya.

Di balik sifatnya yang dermawan, rekam jejak hidup Doni Salmanan sejak itu pun menarik perhatian. Pasalnya, siapa sangka pria asal Soreang, Bandung, yang membagikan uang itu dulunya hidup susah dan pilu. Hingga akhirnya ia menjelma menjadi pengusaha trading dan berpenghasilan fantastis. Tak ayal, kini ia juga sukses menjelma menjadi satu di antara Crazy Rich Indonesia.

Saat berbicang dengan Irfan Hakim di Indosiar, Doni Salamanan menceritakan perubahan nasibnya itu baru terjadi 3 tahun belakangan. Sontak hal itu membuat Irfan Hakim terkejut hingga penasaran, apa titik balik Doni Salmanan hingga jadi sukses tersebut.

Lalu, apa rahasia dan titik balik Doni Salmanan hingga sesukses sekarang? Bagaimana awal mula bisnis trading dibangun Doni Salmanan hingga jadi besar saat ini?

Doni menceritakan, awal mula dirinya berniat untuk menjadi pengusaha setelah ia melakukan tafakur. Hal itu terjadi pada 2018, saat dirinya mulai memikirkan masa depan. Mulai dari bayangannya akan memiliki seorang istri, punya anak, hingga membiayai keluarganya.

Tak sampai di sana, Doni juga sekaligus bertekad ingin mengubah nasib orangtuanya.

“Saya juga melihat kedua orangtua, masa saya ngebiarin orangtua ngejahit terus, masa saya mau lihat mamah saya dagang bala-bala terus,” ungkap Doni Salmanan.

Karena alasan itu, Doni mengungkap titik dirinya mengubah nasibnya berawal dari usahanya di bidang teknologi. Mulai dari jual beli aset mata uang asing, jual beli saham, hingga jual beli cypto currency atau kini dikenal sebagai trading.

Namun tak disangka, Doni Salmanan memulai usaha tradingnya itu hanya bermodal uang Rp 280 ribu. “Awal-awalnya itu saya memulai modal dengan sekitaran 20 USD atau Rp 280 ribu,” ungkapnya.

Setelah itu, Doni mengaku mengalami naik turun dari usahanya tersebut. Namun, sembari mempertahankannya, ia juga membuka usaha sampingan. Doni membangun usaha berupa edukasi untuk komunitas trading berbayar.

Kemudian, hasil dari grup berbayar tersebut ia jadikan tambahan modal untuk bisnis tradingnya. Karena konsisten dan modalnya diolah secara baik, akhirnya mendapat keuntungan fantastis seperti sekarang.

Kini, Doni bahkan mengaku tengah membangun bisnis lainnya, termasuk menjadi Youtuber. Ia akan membangun bisnis aplikasi edukasi yang mengajak seluruh influencer dari seluruh dunia.

Sejak menjadi perbincangan, latar belakang Doni pun membuat warganet penasaran. Diketahui, latar belakang pendidikan Doni Salmanan tak tamat SMP. Hal ini diungkapkan ibu Doni dalam video di kanal Youtube Doni Salmanan.

Ibunda Doni menungkapkan perasaannya bahwa ia tak menyangka anaknya kini sukses. “Saya selaku orangtuanya Doni itu gak berpikir ke situ (sukses), gak kepikiran,” ujarnya.

Ibu Doni tak menyangka karena pendidikan Doni yang terbilang rendah. Ia juga mengaku sebagai orangtua bukan berarti ia tak memperjuangkan agar anaknya meraih pendidikan tinggi. Namun, ibu Doni mengungkapkan kala itu alasan Doni tak lulus SMP karena kondisi kehidupannya mengalami kendala.

“Bukannya tidak memperjuangkan anak untuk pendidikan tinggi, ada kendala,” ungkapnya.

Ia pun tak bisa menjelaskan detail kendala tersebut ke publik. Lebih lanjut, ibu Doni mengatakan, sebagai orangtua, dirinya terus mendoakan anaknya. Ia mengutarakan rezeki sudah diatur Sang Maha Pencipta, ia juga bersyukur doanya diijabah. Sekali lagi, ibu Doni mengungkapkan dirinya masih belum menyangka anaknya telah sukses.

Di usia 23 tahun, dari profesi sebagai Youtuber dan trader, Doni sudah bisa membeli rumah, Lamborgini dan lain sebagainya. Dari pencapaian itu semua, ibu Doni kembali mengingatkan Doni Salmanan bahwa perjalanannya masih panjang.

Ibu Doni mengingatkan agar anaknya juga melakukan investasi masa depan, seperti investasi tanah dan rumah. Tak lepas dari itu, ibu Doni memberikan pesan menyentuh, mengingatkan agar Doni tetap rendah hati dan tidak sombong.

Ibunda Doni juga berharap sang anak tetap menjaga kepribadiannya yang baik hati dan sayang kepada keluarga.

Related

Business 4240161886328619841

Recent

item