Mengapa Banyak Orang Kaya Bahkan Miliuner di Surabaya?


Naviri Magazine - Di Indonesia, Surabaya adalah kota besar, tak jauh beda dengan Jakarta. Kenyatannya, kehidupan di Surabaya juga tak kalah gemerlap dengan kehidupan di Jakarta atau di kota-kota besar lain. Bahkan, belakangan terungkap kalau banyak orang super kaya atau para miliuner yang tinggal di Surabaya.

Kenyataan itu terungkap saat muncul tagar #CrazyRichSurabayan di Twitter, beberapa waktu lalu. Tagar tersebut muncul, menyusul tayangnya film Crazy Rich Asians, yang menampilkan gambaran kehidupan orang-orang kaya di Asia.

Sama seperti film tersebut, tagar ini menceritakan kekayaan warga Surabaya, yang disebutkan pengamat tidak pernah memamerkan kekayaannya, tapi tampak di saat-saat tertentu.

Pengamat dalam hal ini adalah warganet yang berbagi pengalamannya saat bertemu orang-orang kaya asal Surabaya, yang konon justru suka berpenampilan sederhana. Namun, tagar ini memicu pertanyaan, benarkah hal tersebut nyata?

Menurut ekonom INDEF, Bhima Yudhistira, jika dilihat dari struktur ekonominya, Surabaya memang tempatnya warga kelas menengah ke atas.

Dia menjelaskan, 58 persen kontributor pertumbuhan ekonomi nasional ada di Jawa, dan di Jawa pertumbuhan itu terpusat pada Jakarta dan Surabaya.

"Produk domestik regional bruto Surabaya 24 persen dari seluruh Jawa Timur," kata Bhima. Kota itu diketahui punya 873 industri besar dan sedang, yang menyerap 152.000 tenaga kerja.

Surabaya sendiri adalah pusat dari industri manufaktur terbesar di Indonesia. Penanaman modal asing di Surabaya, menurut data BPS, mencapai Rp2,3 triliun.

Kepala Ekonom Samuel Sekuritas, Lana Soelistyaningsih, menjelaskan bahwa Surabaya adalah penopang ekonomi kedua di Indonesia, jika ditilik dari jumlah perdagangan dan peredaran uangnya.

Letaknya yang strategis juga menjadikan Surabaya sebagai pusat penghubung untuk menuju ke Indonesia Timur. "Selain itu ada banyak Penanaman Modal Asing dari Korea, Jepang dan lain-lain," kata dia.

"Penerbangan langsung juga indikator perkembangan ekonomi suatu kota. Di Surabaya, maskapai besar punya penerbangan langsung, sehingga tidak perlu ke Jakarta," kata Lana.

Menurut data BPS, bandara Juanda di Surabaya adalah bandara dengan lalu lintas penumpang dan barang terbesar kedua setelah Jakarta. Ada 7,9 juta orang yang melintas per tahun, dan 45.400 ton barang.

Meski begitu, Lana mengaku tidak tahu berapa banyak kelas menengah ke atas yang ada di Surabaya.

"(Tapi yang pasti) di Surabaya juga ada Putra Sampoerna, salah satu orang terkaya di Indonesia, yang jaringan bisnisnya sudah tidak diragukan lagi," kata dia.

Bhima Yudhistira menjelaskan bahwa perekonomian Surabaya tumbuh dengan pesat, jika dilihat dari data BPS.

"Ke depan, pertumbuhan masih akan terus berlanjut, karena basis industrinya kuat," tegasnya.

Related

Business 7703989181290007647

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item