Mengapa NFT Ghozali Everyday Bisa Bernilai Milyaran? Ini Jawabannya


Ghozali Everyday menjadi pembicaraan warganet karena berhasil meraup dana miliaran rupiah dari menjual foto selfie dari 2017 hingga 2021 dalam bentuk Non-Fungiable Tokken (NFT) dalam platform OpenSea.

Lantas apa yang membuat banyak orang mau membeli NFT Ghazali Everyday dalam harga mahal?

Ketua Umum Asosiasi Pedagang Aset Kripto Indonesia (Aspakrindo) dan COO Tokocrypto, Teguh Kurniawan Harmanda mengatakan ada tiga hal yang membuat NFT berharga. Yakni, rarety (kelangkaan), storytelling (cerita di baliknya), dan limitasi (terbatas).

“Kalau Ghozali [Everyday] itu kami kategorikan rare (langka), ada orang [foto] selfie selama lima tahun. Nilainya di situ 5 tahun. Itu storytelling-nya,” ujarnya.

“Saya pernah ngobrol dengan orang tuanya Ghozali, mereka bilang bahwa Ghazali itu tidak pernah mau foto bahkan dengan orang tuannya. Ini hal menarik, dia ceritakan di Twitter, orang menarik dengan ceritanya. Ada orang yang mau jadi bagian story itu.”

Teguh Kurniawan Harmanda mengungkapkan fenomena Ghozali Everyday bagus untuk membangun kesadaran atau awareness masyarakat.

Walaupun belum ada laporan mengenai jumlah transaksi NFT di Indonesia, platform pelacak pasar, Dappradar, melaporkan tren transaksi penjualan NFT secara global menyentuh angka US$25 miliar (sekitar Rp357 triliun) sepanjang 2021, seiring makin populernya aset kripto.

Tokocrypto sendiri memiliki marketplace NFT bernama TokoMall. Ini menjadi pelopor marketplace NFT di Indonesia. Sejak diluncurkan Agustus 2021 lalu, kini telah memiliki lebih dari 9,000 kolektor, 80 mitra resmi, dan lebih dari 8.000 NFT.

TokoMall yang dibangun di dalam jaringan Binance Smart Chain (BSC) juga memberikan kemudahan masyarakat mengakses NFT dengan lebih terjangkau dan mudah. Untuk membuat dan mengoleksi NFT pun cukup mudah di TokoMall.

Ada tiga pilar yang harus dipahami saat membuat project NFT. Pertama: Rarity, karya NFT harus memiliki unsur kelangkaan atau keunikan agar tidak umum. Kedua: Utility, karya NFT harus memiliki additional value yang ditawarkan kepada para pemegang NFT. Terakhir, Community, karya NFT akan sukses jika dibangun atas interest yang sama dari banyak individu agar memiliki value.

Related

Business 5282575026022964316

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item