Multiverse di Film Spider-man: No Way Home Mungkin Benar-benar Ada


Multiverse atau dunia paralel yang saling berhubungan adalah kendaraan penceritaan yang sempurna untuk cerita fiksi ilmiah, memungkinkan berbagai versi karakter hidup bersama dalam ruang yang sama. Apakah dunia paralel seperti itu sungguhan ada? 

Dalam film Spider-man: No Way Home, Tom Holland yang memerankan Spider-Man bertemu versi Spider-man lain, dan para penjahat dari semesta lain. Mereka masuk ke semesta Spider-Man Tom Holland melalui portal antar dimensi yang tercipta dari kekuatan Doctor Strange.

Dalam teori fisika, hal ini disebut sebagai multiverse atau dunia paralel. Di mana ada lebih dari satu alam semesta di dunia. Artinya, ada banyak versi diri kita sendiri di alam semesta yang berbeda.

Konsep dunia paralel atau multiverse tidak hanya diangkat di film Spider-man, tetapi juga dalam adaptasi banyak film fiksi ilmiah. Namun, mungkinkan dunia paralel seperti dalam film Spider-man, benar-benar ada, atau fiksi ilmiah belaka?

Konsep dunia multiverse memang terdengar seperti omong kosong. Namun, percaya atau tidak, ada alasan cukup bagus bagi para ilmuwan untuk percaya bahwa multiverse bisa jadi ada. Tetapi untuk menjelaskannya, kita harus kembali ke masa awal semesta, sangat-sangat awal.

Sebelum masa awal, mungkin tidak ada apa-apa di semesta ini. Sesaat setelah peristiwa Big Bang yang hanya berlangsung sepersekian detik, alam semesta mengembang karena proses yang dikenal sebagai inflasi kosmik, kemudian segera mendingin.

Ketika periode itu berakhir, alam semesta jauh lebih besar dari sebelumnya. Tepatnya, seberapa besar alam semesta pada saat itu sangat bergantung pada seberapa besar awalnya.

Yang penting dalam konteks ini adalah bahwa inflasi benar-benar terjadi. Ini membantu untuk menjelaskan banyak hal tentang sifat alam semesta kita. Yaitu menjelaskan pola suhu di latar belakang gelombang mikro kosmik. Daerah yang jauh dapat memiliki komposisi yang serupa karena hanya sepersekian detik yang lalu mereka dihaluskan tepat di samping satu sama lain.

Mungkin ekspansi semacam ini adalah penghenti proses kosmik abadi. Jika inflasi abadi terjadi, berarti alam semesta kita hanyalah gelembung kecil dalam pola realitas fraktal yang tak berujung.

Dan gelembung-gelembung kecil lainnya bermunculan secara berkala, menciptakan alam semesta yang sepenuhnya terpisah dengan fisikanya sendiri, yang mungkin sama sekali berbeda dari alam semesta kita atau benar-benar sama.

Proses itu berulang terus menerus sampai kita menemukan jumlah alam semesta yang tak terbatas. Dan karena ketidakterbatasan itu sendiri bersifat tidak terbatas, beberapa dari alam semesta itu harus identik dengan milik kita, atau hampir sama.

Menguji dunia paralel multiverse

Jadi, apakah ada alam semesta lain yang dipisahkan oleh lautan kosmik non-alam semesta yang berkembang pesat. Dilihat dari sisi sains, tentu saja diperlukan bukti yang dapat diuji. Ide-ide yang dapat dipertanyakan dan divalidasi inilah yang menjadikannya ilmiah dan bukan sekadar dugaan.

Dalam hal itu, multiverse tampaknya sulit dikodekan untuk berada di luar proses ini. Jika alam semesta lain secara fisik terpisah dari alam semesta kita, itu membuatnya cukup sulit mendorongnya, untuk melihat cara kerjanya, atau apakah mereka benar-benar ada.

Beberapa ilmuwan percaya, adanya proses inflasi alam semesta adalah bukti multiverse. Planet kita sekilas tampak sangat cocok untuk munculnya kehidupan. Bumi terletak pada jarak yang tepat dari bintang kita, dan memiliki atmosfer yang tepat.

Selain itu, Bulan menjaga kemiringan kita tetap stabil, dan raksasa gas melindungi kita dari benturan. Ada banyak hal tentang Tata Surya kita yang tampaknya telah diatur dengan baik. Jika ini adalah satu-satunya Tata Surya, secara statistik tampaknya tidak mungkin bahwa semuanya berjalan dengan baik.

Ada sejumlah kebenaran fisik yang, jika pun berbeda, akan mewujud sebagai akhir alam semesta seperti yang kita ketahui. Setiap alam semesta kemungkinan memiliki dindingnya masing-masing. Dinding-dinding tersebut mungkin bergesekan dan mengakibatkan lubang. Dan dari lubang tersebut, kita bisa terhubung dengan dimensi atau alam semesta lain.

Atau mungkin, kita bisa terhubung ke alam semesta lain dengan menggunakan portal seperti yang digunakan para tokoh di film Spider-man: No Way Home.

Yang jelas, kita tahu sekarang bahwa ada triliunan sistem planet dan kemungkinan besar banyak dari mereka tidak ditempatkan dengan baik untuk munculnya kehidupan seperti di Bumi. Setidaknya, satu sistem akan mendapatkan peluang tepat di antara begitu banyak yang aneh. Hal yang sama mungkin berlaku untuk alam semesta.

Related

Science 8891522365146077931

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item