10 Hal yang Bisa Menyebabkan Dada Tiba-tiba Sesak (Bagian 1)


Naviri Magazine - Jika kita baru berolah raga atau usai melakukan aktivitas/pekerjaan yang berat, lalu merasakan dada yang sesak, mungkin wajar. Kebanyakan orang juga mengalami hal serupa. Namun, jika Anda tidak sedang berolah raga atau tidak melakukan aktivitas berat, dan tiba-tiba Anda mengalami dada sesak, bisa jadi Anda khawatir atau bingung.

Bisa jadi, saat mengalami dada sesak tiba-tiba, hal pertama yang terbersit dalam benak adalah serangan jantung. Tapi tak selalu demikian. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan dada sesak.

Dada sesak dapat menyulitkan Anda menghirup atau mengembuskan udara dari paru-paru, sehingga lebih sulit untuk bernapas. Tapi apakah sensasi sesaknya terasa mengganggu namun cukup ringan, sehingga Anda masih bisa beraktivitas seperti biasanya? Atau mungkin sesak yang Anda rasakan begitu kuat menekan dada, membuat Anda kepayahan menjalani hari? 

Anda perlu mengamati setiap gejalanya, untuk memudahkan dokter mencari tahu penyebab sebenarnya dari keluhan Anda. Untuk itu, ada baiknya Anda lebih dulu mempelajari berbagai alasan yang mungkin menyebabkan dada terasa sesak. Berikut ini adalah 10 hal yang bisa menyebabkan dada terasa sesak.

1. Gangguan pencernaan

Dada sesak dapat diakibatkan oleh gangguan pencernaan, seperti refluks asam lambung (GERD). Ketika makanan tidak dicerna dengan baik, sisa makanan bisa kembali naik ke atas kerongkongan, yang menyebabkan dada terasa panas terbakar, dan rasa asam tajam di mulut. 

Sensasi dada sesak dan perut mulas dari refluks asam lambung ini bisa terasa mirip, karena jantung dan esofagus (kerongkongan) terletak dekat satu sama lain, dan berbagi jaringan saraf.

Gangguan pencernaan bisa menjadi hasil dari pola makan yang buruk, stres, atau kebiasaan merokok dan minum miras. Hal ini juga dapat disebabkan oleh kelebihan kafein dan makanan pedas atau berlemak.

2. Asma

Jika dada terasa sesak dan diikuti oleh suara mengi (napas berbunyi ngik-ngik), sesak napas, dan batuk-batuk (terutama di malam hari), itu bisa menjadi pertanda asma. 

Asma erat kaitannya dengan penyakit bawaan sejak kecil, tapi orang dewasa yang sama sekali tidak memiliki riwayat asma bisa terkena serangan asma untuk pertama kali di usianya sekarang. Asma menyebabkan saluran udara membengkak dan menyempit, sehingga menimbulkan sensasi sesak saat menarik napas.

3. Serangan panik atau kecemasan

Dada terasa sesak tiba-tiba, tapi tidak sedang melakukan aktivitas fisik berat, bisa menandakan gejala serangan kecemasan atau serangan panik.

Umumnya, serangan panik atau kecemasan akan mengakibatkan seseorang mengalami hiperventilasi. Hiperventilasi adalah kondisi di mana Anda menghirup banyak oksigen, dan mengembuskan napas dengan cepat dan dangkal dalam satu waktu. 

Hal ini menyebabkan kadar karbondioksida merosot dramatis dalam tubuh, sehingga menyebabkan penyempitan pembuluh darah yang memasok darah segar ke paru-paru dan otak. Ketika ini terjadi, Anda akan merasa sesak dan “melayang”.

Dalam hal ini, Anda perlu tahu bahwa sesak dada yang disebabkan oleh panik atau kecemasan sama sekali tidak berbahaya.

4. Angina

Angina adalah penyebab dada terasa sesak karena otot jantung Anda tidak menerima cukup asupan darah yang kaya oksigen. Gejala angina yang paling umum adalah nyeri dada, yang terasa seperti ditekan atau diremas kuat-kuat. Anda juga mungkin akan merasakan sakit dan nyeri di sekujur tubuh—bahu, leher, lengan, rahang, atau punggung.

Kondisi ini dapat dipicu olahraga berat atau stres, dan akan mereda hilang dengan istirahat. Tapi angina bukan penyakit. Ini adalah gejala dari masalah jantung yang mendasari, biasanya penyakit jantung koroner.

Baca lanjutannya: 10 Hal yang Bisa Menyebabkan Dada Tiba-tiba Sesak (Bagian 2)

Related

Health 2474320659688404712

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item