Apa yang Disebut Radiasi Matahari? Ini Jawabannya


Naviri Magazine - Radiasi Matahari, atau yang biasa disebut cahaya Matahari, adalah campuran gelombang elektromagnetik yang terdiri dari gelombang inframerah, cahaya tampak, dan sinar ultraviolet.

Semua gelombang elektromagnetik tersebut bergerak dengan kecepatan sekitar 3,0 x 108 meter per detik. Karenanya, radiasi atau cahaya Matahari memerlukan waktu 8 menit untuk sampai ke Bumi. 

Selain itu, Matahari juga menghasilkan sinar gamma, namun frekuensinya semakin kecil seiring dengan menjauhnya jaraknya meninggalkan inti Matahari.

Apa yang disebut fotosfer dan kromosfer?

Fotosfer adalah permukaan Matahari yang meliputi wilayah setebal 500 kilometer, dengan suhu sekitar 5.500 derajat Celcius atau 10.000 derajat Fahrenheit. Fotosfer merupakan tempat besar radiasi Matahari yang dilepaskan. Energi tersebut diobservasi sebagai sinar Matahari di Bumi, 8 menit setelah meninggalkan Matahari. 

Sedangkan kromosfer adalah lapisan di atas fotosfer. Warna kromosfer biasanya tidak terlihat, karena tertutup cahaya sangat terang yang dihasilkan fotosfer. 

Namun, saat terjadi gerhana Matahari total, ketika bulan menutupi fotosfer, bagian kromosfer akan terlihat sebagai bingkai berwarna merah di sekeliling Matahari. Warna merah tersebut disebabkan oleh tingginya kandungan helium yang terdapat di sana.

Related

Science 5486371463499022340

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item