Indra Kenz Unggah Foto Periksa Jantung, Dokter Ini Temukan Kejanggalan


YouTuber Indra Kenz terus menjadi sorotan publik sejak masalah afiliator trading binary option mengemuka. Ia bersama teman seprofesi seperti Doni Salmanan dan Nodiewakgenk diduga telah mempromosikan aplikasi trading ilegal seperti Binomo.

Belum lama ini Indra, Doni dan Nodiewakgenk kompak mengunggah Instagram Stories yang memperlihatkan kalau mereka sedang sakit. Indra Kenz bahkan sampai harus ke Turki demi menjalani pemeriksaan kesehatannya.

Akan tetapi, video Indra Kenz ketika menjalani pemeriksaan jantung justru makin membuatnya jadi sasaran hujatan netizen. Pasalnya, sakit yang diderita Indra diduga hanya pura-pura karena ditemukan kejanggalan saat melakoni pemeriksaan kesehatan.

Kesalahan Check-up Indra Kenz

Dokter Eliza Maria melalui akun TikTok @dr.elizamaria menyebut ada kesalahan cara pemeriksaan yang dijalani Indra Kenz alias Indra Kesuma.

“Hmm apa yang salah ya dari pemeriksaan ini? Kita nggak lagi bahas orang atau kasusnya ya tapi pemeriksaannya,” ujar sang dokter.

Di awal video. dr. Eliza Maria menjelaskan pemeriksaan elektrokardiografi (EKG) yang dilakukan Indra Kenz dalam video yang dibagikannya.

"Pemeriksaan ini dilakukan untuk mendeteksi penyakit jantung dengan menilai aktivitas dari otot jantung yang direkam dengan alat-alat ini," kata Eliza Maria dikutip dari akun TikTok @dr.elizamaria.

Dokter Eliza menjelaskan, alat yang dimaksud bernama Elektrokardiograf yang berfungsi untuk mencatat aktivitas denyut otot jantung. Aktivitas otot jantung tersebut kemudian akan ditampilkan di layar dan selanjutnya akan dicetak di kertas untuk dianalisis oleh dokter.

"Caranya alat ini bisa tersambung dengan tubuh kita adalah melalui elektroda-elektroda yang akan dipasang dengan cara seperti ini," tambahnya sambil menunjukkan gambar yang ia sertakan.

Bagian kecil dari alat Elektrokardiograf ditempelkan di bagian dada, sedangkan bagian yang besar ditempelkan di pergelangan tangan dan kaki. Ketika melakukan pemeriksaan rekam jantung, pasien harus berbaring atau setengah berbaring, kemudian harus melepaskan pakaian, termasuk kalangan perempuan.

Sebab, alat tersebut harus menempel pada bagian dada. Bahkan, jika pasien mempunyai bulu dada maka akan dicukur terlebih dahulu.

"Terus kaki dan tangan, apalagi kepala tidak boleh menyentuh ujung-ujung tempat tidur, apalagi tempat tidurnya terbuat dari besi, karena akan mengganggu aktivitas dari EKG," ucap Eliza.

Saat pemeriksaan, aksesori seperti kalung, anting dan lain sebagainya yang terbuat dari besi harus dilepas. Begitu juga dengan earphone yang ada gelombang radionya dan kacamata yang berbahan besi seperti yang masih dipakai Indra Kenz saat melakukan pemeriksaan rekam jantung.

Penyakit yang Diderita Indra Kenz

Sebelumnya, Indra Kenz sempat memperlihatkan kuku jempol tangannya yang muncul garis hitam, diduga sebagai tanda-tanda penyakit serius.

Dari tanda-tanda itulah, Indra langsung terbang ke Turki untuk memeriksakan kesehatannya, lantaran rumah sakit di Jakarta yang pernah didatanginya dinilai kurang memuaskan.

Muncul kecurigaan bahwa hal yang dialami Indra Kenz adalah tanda dari melanoma. Melansir dari laman Mayo Clinic, melanoma adalah kanker kulit ganas yang berbahaya. Biasanya, kanker ini ditandai dengan munculnya banyak tahi lalat termasuk tanda garis di bagian kuku yang disebut dengan istilah acral-lentiginous melanoma.

Terkait tudingan gimmick yang dialamatkan kepadanya, Indra Kenz menegaskan bahwa ia benar-benar sakit. Dia mengaku tidak kabur dari tuntutan hukum yang harus ia jalani terkait dugaan penipuan judi berkedok trading.

"Kalau niatnya mau kabur, gak bakal bilang-bilang, tau-tau udah ilang aja," tegas Indra Kenz dalam Instagram Stories miliknya beberapa waktu lalu.

Related

News 6524851957053505870

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item