Mengenal Galaksi Elips, Galaksi Spiral, dan Galaksi Tak Beraturan


Naviri Magazine - Galaksi elips, seperti namanya, adalah galaksi yang berbentuk seperti elips. Bintang-bintang berputar pada garis edarnya secara acak, tanpa menuju arah yang jelas. Galaksi-galaksi seperti ini memiliki kandungan debu antarbintang yang sangat sedikit, atau malah tidak ada. 

Daerah penghasil bintangnya tidak banyak, dan rata-rata penghuninya merupakan bintang-bintang yang sudah tua. Biasanya, galaksi elips ditemukan pada bagian inti gugusan galaksi, dan bisa terlahir melalui peleburan galaksi-galaksi besar.

Kemudian, galaksi spiral, membentuk cakram gepeng yang berotasi, biasanya dengan tonjolan atau batangan pada bagian tengah dan lengan-lengan spiral cemerlang, yang timbul dari bagian tersebut. 

Lengan-lengan itu adalah lapangan berdebu tempat lahirnya bintang-bintang baru, dan penghuninya merupakan bintang-bintang muda yang bermassa besar dan berpijar biru. Umumnya, galaksi spiral dikelilingi cincin yang tersusun atas bintang-bintang yang lebih tua. Contoh galaksi spiral adalah Bima Sakti dan Andromeda.

Sedangkan galaksi tak beraturan memiliki bentuk yang kacau, dan tidak menyerupai bangun tertentu seperti spiral atau elips. Kira-kira seperempat dari galaksi yang tergolong tak beraturan kemungkian disebabkan oleh interaksi gravitasi.

Related

Science 5135696812655080846

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item