Menurut Feng Shui, 5 Benda Ini Dipercaya Bisa Bikin Rumah Lebih Sehat


Menurut Feng Shui, setiap benda, ruang, dan makhluk hidup memiliki energi kehidupan yang biasa disebut ‘chi’. Karena itulah, kita pun bisa memanfaatkan energi tersebut untuk memberi dorongan agar tetap sehat, baik secara fisik maupun mental.

“Chi dapat diatur lewat rancangan ruang untuk memaksimalkan, mengoptimalkan, dan mendukung kondisi seseorang. Semakin baik kualitas chi yang dapat dialirkan di dalam rumah, maka semakin sehat pula para penghuninya,” kata Susan M. Chu, seorang konsultan Feng Shui yang berbasis di Amerika Serikat, kepada Reader’s Digest.

Selain tata letak, Susan menyebut bahwa menempatkan barang atau benda dengan tepat di area rumah atau tempat kita sering menghabiskan waktu juga bisa menyelaraskan energi pikiran, tubuh, dan jiwa yang sehat.

Pertanyaannya, benda atau barang-barang apa saja yang dipercaya bisa membuat rumah lebih sehat menurut Feng Shui? 

1. Tanaman hijau

Yang pertama adalah tanaman hijau. Menurut pakar Feng Shui yang berbasis di AS, Maureen Calamia, tanaman hijau yang tumbuh subur adalah satu benda yang harus ada di dalam ruangan.

“Tanaman adalah cara untuk tetap terhubung dengan alam meski kita menghabiskan waktu di dalam ruangan. Tanaman juga menawarkan banyak manfaat kesehatan dengan menurunkan kadar karbondioksida di dalam ruangan dan bahkan berpotensi mengurangi konsentrasi polutan tertentu,” kata Calamia kepada Reader’s Digest.

Untuk keberuntungan, Calamia menyarankan Anda untuk menempatkan tanaman pohon jeruk di sudut barat daya rumah Anda.

2. Bunga

Bunga memberikan pengalaman multisensori yang positif, karena mereka terlihat cantik dan wangi. Kedua hal ini bisa membuat seseorang lebih bahagia.

“Bunga juga menambahkan sentuhan warna, cahaya, dan kebahagiaan ke dalam ruangan,” kata Susan M. Chu.

Lebih lanjut, Susan M. Chu menyarankan Anda untuk membeli bunga yang disukai. Setelah itu, tempatkan bunga tersebut dalam vas di ruangan atau tempat di mana Anda paling sering menghabiskan banyak waktu di dalam rumah.

3. Kristal

Selanjutnya adalah kristal. Susan menyebut bahwa warna-warna indah pada kristal bisa menginspirasi rasa kagum dan vitalitas. Menurut Susan, keduanya terkait dengan kesehatan dan umur panjang.

Lebih lanjut, Susan menyarankan Anda untuk menempatkan kristal citrine atau ruby alami di sudut tenggara rumah untuk mendatangkan kemakmuran. Sementara itu, untuk hubungan yang baik, Anda bisa mencoba rose quartz atau green aventurine yang diletakkan di sudut barat daya rumah.

4. Tanaman herbal

Menurut Calamia, menempatkan tanaman herbal di dalam rumah bisa membawa kesehatan dan juga vitalitas. Dia menambahkan, bahwa aroma herbal yang aromatik bisa bermanfaat untuk menenangkan pikiran.

“Sebagai rekomendasi, tempatkanlah tanaman lavender untuk memenangkan atau rosemary untuk menyegarkan pikiran,” tambah Calamia.

5. Lonceng angin

Penelitian menunjukkan bahwa suara alam, seperti angin sepoi-sepoi yang bergerak melalui pepohonan atau air yang menetes ke sungai, bisa membantu seseorang lebih rileks.

Untuk menangkap energi angin dan suara alami ke dalam rumah, Anda pun bisa coba menggantung lonceng angin. Saat memilih lonceng angin, Calamia menyarankan untuk memilih lonceng bambu atau kayu, dibandingkan lonceng logam. Hal ini dikarenakan suara yang dihasilkan lonceng bambu lebih lembut dan bisa membuat pikiran lebih tenang.

Related

Property 8866991784608642927

Recent

item