Minyak Goreng 2 Liter ketika Ditimbang Tak Genap 2 Kilogram? Begini Penjelasannya


Sebuah tangkapan layar mengenai seseorang yang mengeluhkan subsidi harga minyak goreng tidak sesuai dengan kualitas minyak yang didapat, viral di media sosial dan di  aplikasi berbagi pesan WhatsApp.

Adapun tangkapan layar yang beredar menunjukkan adanya salah satu merek minyak goreng kemasan 2 liter yang ketika diletakkan di atas timbangan beratnya tidak genap 2 kilogram atau hanya 1,848 kg saja.

“Harganya bikin menangis, isinya bikin nyesek. Subsidi minyak nyatanya gak bisa dinikmati semua orang,” ujar narasi dalam tangkapan layar tersebut.

Salah satu akun yang membagikan mengenai tangkapan layar yang viral tersebut yakni akun @warstek_com.

“Baru juga kemarin ngobrolin pentingnya satuan, ternyata udah ada kejadiannya duluan nih xixi. Akhirnya kan jadi buruk sangka terus tuh ke pemerintah. Kalau ketemu kaya gini lagi bantu diedukasi dengan santun ya Warstekholic semua!

“Oh iya, kenapa ya kira kira minyak 2 liter pas ditimbang malah jadi 1,8 kg? ada yang tahu? tulis di kolom komentar ya!” ujar akun tersebut.

Perbedaan massa jenis minyak dan air

Lantas apa jawaban dari pertanyaan mengapa 2 liter minyak goreng beratnya tidak genap 2 kilogram jika ditimbang?

Liter adalah satuan resmi untuk satuan volume. Benda cair, atau benda padat yang dicairkan, menggunakan ukuran ini. Sedangkan kilogram adalah satuan yang digunakan mengukur berat massa suatu benda.

Jadi jika akan mengukur dari liter ke kilogram, kita tak bisa mengkonversikan secara langsung satuan volume ke satuan kilogram.

Agar satuan volume dapat diubah ke satuan berat, dibutuhkan sebuah besaran lain yang menghubungkan keduanya, yaitu massa jenis. Massa jenis adalah tetapan yang dimiliki oleh setiap benda, baik padat, cair atau gas. Untuk menghitung massa jenis, adalah massa dibagi volume. 

Dosen Departemen Fisika Universitas Gadjah Mada (UGM) Dr. Edi Suharyadi, M.Eng, menyatakan bahwa massa jenis air adalah 0,997 yang jika dibulatkan menjadi 1 dalam satuan kilogram atau liter. Sehingga ketika air 1 liter ditimbang, maka beratnya adalah 1 kilogram. 

Namun berbeda dengan minyak. Edi menjelaskan bahwa massa jenis minyak goreng tidak sama dengan massa jenis air. Massa jenis minyak goreng adalah sekitar 0,9. Sehingga, jika ada volume minyak 2 liter berati massa atau berat minyak goreng adalah 1,8 kilogram, tidak bulat menjadi 2 kilogram. 

"Jika ada volume minyak 2 liter berarti massa minyak = 1,8 kg," begitu ujar Edi. 

Jadi ketika masyarakat menemukan minyak goreng kemasan 2 liter namun beratnya di timbangan tak sampai 2 kilogram, itu adalah hal yang sangat wajar. 

Related

Science 373090926102023847

Recent

item