Resmi, Foxconn Bikin Industri Mobil Listrik Rp 114 Triliun di Batang


Foxconn, perusahaan perakit handphone iPhone dari Taiwan resmi investasi di Kawasan Industri Terpadu Batang, Jawa Tengah. Penandatanganan perjanjian investasi sudah dilakukan pada awal Januari 2022.

"Awal bulan kami sudah tandatangan MoU dengan Foxconn. Jadi Foxconn akan masuk di Batang," kata Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia dalam rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI.

Bahlil menyatakan Foxconn bakal memperkaya ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Perusahaan itu akan membuat motor dan mobil listrik, juga komponen baterai kendaraan listrik.

Bukan cuma itu, Foxconn juga bakal memindahkan sebagian volume pabrik sparepart telekomunikasi ke Indonesia dari China. Bahlil mengaku tidak mudah untuk mencapai kesepakatan investasi ini.

"Ini perintah Bapak Presiden katanya dari awal nggak jalan-jalan. Kami waktu itu datang ketahuan ada negara yang mungkin memprotes kehadiran saya di sana, tapi saya bilang selama tidak ada UUD yang melarang kita dagang, kenapa harus takut kepada negara tertentu," tegasnya.

Berdasarkan bahan paparan Bahlil, kerja sama Foxconn untuk membangun ekosistem kendaraan listrik di Indonesia itu memiliki nilai investasi sebesar US$ 8 miliar atau setara Rp 114,57 triliun (kurs Rp 14.321).

"Foxconn: industri baterai listrik, industri kendaraan listrik (roda 4, roda 2, e-bus) dan industri pendukung (termasuk charging station, R&D dan training) US$ 8 miliar," tulisnya.

Related

News 436923475668581956

Recent

item