Penting dan Perlu Tahu, 5 Gejala Awal Terpapar Omicron Ternyata Sangat Khas


Kebanyakan orang yang terkena Omicron mengeluhkan gejala seperti pilek atau flu biasa. Lantas, hal ini dianggap sebagai gejala yang lebih ringan dibandingkan varian sebelumnya. Namun bagi orang yang tidak divaksin, gejala awal terinfeksi Omicron bisa terasa lebih berat.

"Varian Omicron bertindak kurang lebih sama seperti virus Corona biasa, gejala yang ditimbulkan seperti terserang flu," kata dokter penyakit menular NYU Langone Health, dr Stephanie Sterling, dikutip dari Eat This Not That!.

Selain gejala-gejala mirip flu, ada gejala lain yang kemungkinan dirasakan saat terpapar varian Omicron. Berikut 5 gejala awal saat seseorang terpapar Omicron:

1. Sakit tenggorokan

Menurut Komisaris Departemen Kesehatan Masyarakat Chicago, dr Allison Arwady, sakit tenggorokan menjadi salah satu gejala awal yang paling umum dirasakan pasien saat terpapar Omicron.

"Bagi kelompok orang bergejala ringan, kita melihat sakit tenggorokan menjadi gejala yang paling sering ditemukan," kata dr Arwady.

Hal serupa juga sempat diungkapkan dokter paru di RS Persahabatan, dr Erlina Burhan, SpP(K). Gejala awal yang sering dikeluhkan pasien Omicron yakni batuk dan gangguan pada tenggorokan.

"Yang banyak dikeluhkan adalah batuk dan gangguan di tenggorokan, seperti nyeri atau gatal," kata dr Erlina dalam diskusi virtual.

2. Batuk

Selanjutnya, gejala awal saat seseorang terkena Omicron adalah batuk yang terjadi terus-menerus. Kemudian diikuti rasa kelelahan.

"Batuk dan kelelahan juga menjadi gejala umum bagi orang yang terpapar Omicron. Ada yang mengatakan gejala Omicron menyerang ke paru-paru bagian atas," kata seorang dokter di Michigan, dr Laraine Washer.

3. Hidung tersumbat

Gejala lain yang sering dikeluhkan pasien Omicron yakni hidung tersumbat.

"Bagi banyak orang, terutama mereka yang sudah divaksin dan dalam kondisi sehat, saat terpapar Omicron mengalami gejala yang ringan. Termasuk gejala saluran pernapasan atas seperti pilek, hidung tersumbat, bersin, sakit tenggorokan, dan sakit kepala," terang dr Washer.

4. Merasa Kedinginan

Gejala klasik saat terinfeksi COVID-19 seperti demam, batuk, dan kehilangan indra penciuman, jarang ditemukan pasien yang terpapar Omicron. Gejala tersebut lebih sering ditemukan pada pasien yang terinfeksi varian Delta.

"Gejala pilek menjadi yang umum terjadi," kata epidemiolog genetik yang juga pendiri perusahaan kesehatan ZOE COVID-19, Tim Spector.

5. Kelelahan

Merasa kelelahan juga menjadi salah satu gejala yang sering dilaporkan pasien Omicron.

"Laporan menunjukkan bahwa pasien di Afrika Selatan -banyak di antaranya berusia muda- mengalami kelelahan parah, tetapi tidak kehilangan indra perasa atau penciuman," kata pulmonolog dari Yale Medicine, Lauren Ferrante.

Related

Health 5066327849104424157

Recent

item