Viral Guru Biarkan Para Murid Tidur Saat Ujian PTM, Alasannya Masuk Akal


Seorang guru yang membagikan caranya mengawasi murid saat ujian baru-baru ini menuai pujian publik. Pasalnya, alih-alih memarahi, ia justru membiarkan para murid tidur di dalam kelas.

Momen tersebut dibagikan Bramasta Sakti lewat akun @bramasta_sakti di TikTok. Ketika itu, dijelaskan bahwa murid-muridnya sedang mengikuti ujian akhir semester.

Adapun Bramasta yang notabene adalah guru, mengawasi para murid agar tidak saling menyontek ketika mengerjakan ujian. Karenanya, ia duduk di meja guru sambil memerhatikan muridnya dengan saksama.

Meski begitu, ia punya cara unik dalam menjalankan tugas mengawasi tersebut, yakni dengan membiarkan para muridnya tidur saat ujian. Hanya saja, tentu dengan catatan murid tersebut sudah menyelesaikan ujiannya.

“Jadi ini lagi ujian, ya. Saya lebih respect sama murid yang tidur kalau sudah selesai ngerjain,” kata Bramasta.

Bukan tanpa sebab, dijelaskan alasannya adalah anak yang tidur tersebut tidak akan membuat kelas jadi berisik. Kegiatan menyontek pun bisa diminimalisasi bila murid lebih milih tidur.

“Daripada dia berisik dan ngasih contekan. Tapi ini perspektif saya, ya, dan jangan bandingin dengan guru lain,” kata Bramasta. “Yang penting tau situasi, ya, guys. Setiap guru punya peraturannya masing-masing.” 

Seketika unggahan tersebut viral, ditonton hingga ratusan ribu kali dan direspons oleh puluhan ribu orang. Beragam komentar diberikan warganet, kebanyakan yang merasa salut dengan cara unik tersebut.

“Keren, Pak. Andai semua guru kayak gini,” sebut akun @kupee_.

“Makasih banget guru kayak gini. Karena kadang itu pikiran lelah buat ngafal. Bahkan sampai ada yang begadang,” ujar akun @ihgaktau09.

“Asal jangan mendengkur level toa atau motor sport aja, ya, gengs,” kata akun @bahasaexcel.advanced. 

Related

News 3204286615980231251

Recent

item