15 Rekor Box Office yang Dicapai Avengers: Infinity War (Bagian 1)


Naviri Magazine - Di antara film-film MCU, Avengers: Infinity War adalah yang paling spektakuler sekaligus yang paling laris. Kenyataan itu sebenarnya bisa dipahami dengan mudah. Bagaimana pun, Avengers: Infinity War adalah film yang menyatukan banyak superhero Marvel sekaligus, dan menjadi kisah puncak perjuangan mereka dalam melawan musuh terkuat.

Avengers: Infinity War sukses di negara mana pun, di Amerika maupun di luar Amerika. Sebegitu sukses dan laris, film ini mencapai rekor-rekor box office yang sulit dicapai oleh film-film lainnya, bahkan oleh film Marvel sendiri.

Avengers: Infinity War disutradarai oleh Anthony dan Joe Russo, sedangkan naskah cerita ditulis oleh Christopher Markus dan Stephen McFeely. Meskipun awalnya sang sutradara berniat memecah film Avengers: Infinity War menjadi Part 1 dan Part 2, namun akhirnya justru mengubahnya dengan judul film yang berbeda, antara seri ketiga dengan keempat. 

Avengers: Infinity War berhasil menyatukan hampir semua karakter utama dari superhero Bumi hingga penjaga Galaxy yang juga diikutsertakan melawan musuh kuat bernama Thanos. Avengers: Infinity War mencatatkan beberapa rekor, baik dari box office domestik hingga pendapatan global. Berikut ini uraiannya.

1. Mengalahkan rekor pre-sale tiket film Black Panther

Avengers: Infinity War jauh-jauh hari sebelum tayang sudah mempersiapkan penjualan tiket lebih awal. Sebelumnya, film Black Panther yang disutradarai Ryan Coogler menyediakan penjualan tiket lebih awal, hingga sempat menjadi pemegang rekor film Marvel dengan penjualan tiket pre-sale terbanyak, seperti yang dikabarkan oleh Fandango. 

Rekor yang dipegang oleh film Black Panther akhirnya tumbang di tangan film Avengers: Infinity War. Pihak AMC mengabarkan bahwa tiket pre-sale Infinity War berhasil melampaui film Avengers: Age of Ultron arahan sutradara Joss Whedon, sebanyak lebih dari 1.000% dan lebih 250% dari Film Black Panther.

2. Film MCU dengan pre-sale tiket terlaris di hari Kamis

Selain memecahkan semua rekor tiket pre-sale, Avengers: Infinity War juga berhasil mencatatkan rekor penjualan tiket pre-sale di hari Kamis malam untuk film MCU. 

Avengers 3 mengumpulkan sebanyak $39 juta pada Kamis, 26 April 2018. Nominal pendapatan sebanyak itu menempatkan Avengers: Infinity War melampaui rekor film Avengers: Age of Ultron yang mencapai $27.6 juta pada 2015. Film berikutnya yang diprediksi mampu memecahkan rekor tersebut adalah Avengers 4 yang akan tayang tahun depan.

3. Pendapatan bruto tertinggi di hari Sabtu

Avengers: Infinity War menjadi film terlaris sepanjang masa, yang tayang pada hari Sabtu. Film ini meraup sebanyak $82,1 juta pada Sabtu, 28 April 2018, secara teknis merupakan hari kedua perilisan resmi di Amerika Serikat. 

Nominal yang diperoleh secara signifikan lebih tinggi dari beberapa pesaingnya, seperti Jurassic World (2015) sebesar $ 69.64 juta, The Avengers ($69.57 juta), Star Wars: The Force Awakens ($68.29 juta), dan Black Panther ($65.99 juta). 

Perolehan tinggi tersebut membuat Infinity War unggul jauh dari para pesaingnya, dan berada di posisi puncak perolehan pendapatan bruto di hari Sabtu.

4. Rekor pendapatan bruto tertinggi di hari Minggu

Avengers: Infinity War mempertahankan rekor keunggulannya di akhir pekan perdana setelah perilisannya, dengan menduduki posisi puncak pada Minggu, 29 April 2018. 

Infinity War meraup $69.23 juta, dan dengan jumlah itu menggeser film Star Wars: The Force Awakens dari posisi puncak setelah meraup $60.55 juta. Dengan perolehan ini, Infinity War memegang rekor untuk pendapatan box office domestik tertinggi di hari Minggu.

5. Sukses besar secara domestik di pekan perdana penayangan

Hanya sedikit film yang mampu sukses besar meraup keuntungan lebih dari 200 juta dollar AS pada pekan perdana di Amerika Utara. Seperti Star Wars: The Force Awakens, Star Wars: The Last Jedi, Harry Potter and the Deathly Hallows: Part 2, dan Avengers: Age of Ultron. 

Bersumber dari Hollywood Reporter, Avengers: Infinity War berhasil meraup pendapatan sebesar 250 juta dollar AS atau sekitar Rp3,46 triliun. Pencapaian tersebut membuat Avengers mengalahkan Star Wars: Force Awakens, yang meraih 248 juta dollar AS pada pekan pertama penayangan di Amerika Utara.

6. Rekor pendapatan pekan pertama tertinggi di seluruh dunia

Avengers: Infinity War tidak hanya mencatat rekor pendapatan akhir pekan domestik, tetapi juga memecahkan rekor untuk pendapatan box office akhir pekan terlaris di seluruh dunia. 

Dari perilisan global pada Rabu, 25 April 2018 hingga Minggu, 29 April 2018, Infinity War meraup $640,5 juta berdasarkan perilisan sebagian besar pasar internasional. Angka itu mendekati $100 juta lebih tinggi dari pendapatan pekan perdana film The Fate of the Furious, yang meraup sekitar $541,9 juta. 

Infinity War bisa saja meraup lebih tinggi, karena perilisan filmnya di China baru akan dibuka tanggal 11 Mei 2018.

7. Pendapatan tertinggi di hari Senin untuk bulan April

Setelah memecahkan rekor pembukaan akhir pekan domestik dan dunia, Avengers: Infinity War memecahkan rekor untuk pendapatan hari Senin, khususnya di bulan April. 

Kebanyakan film blockbuster memajukan jadwal rilisnya, sehingga film tayang lebih awal. Maka tidak heran ada peningkatan persaingan di bulan April. Berhasil mengumpulkan $25.2 juta pada hari Senin, 30 April 2018, Infinity War melampaui Furious 7, dengan rekor perolehan sebanyak $14 juta.

8. Film MCU dengan rekor pendapatan tertinggi di hari Selasa

Avengers: Infinity War mencetak pendapatan besar di hari Selasa sebagai film Marvel Cinematic Universe terlaris, dengan meraup $23,42 juta, pada 1 Mei 2018. Rekor ini sebelumnya dipecahkan oleh film Black Panther, ketika meraup $20.85 juta. Namun, Infinity War masih berada di urutan ketujuh bila dibandingkan dengan film di luar MCU. 

Tempat pertama untuk pendapatan hari Selasa terlaris masih diduduki oleh film Star Wars: The Force Awakens, tetap dengan perolehan $37.36 juta. The Amazing Spider-Man berada di tempat kedua, dengan perolehan $35 juta, sebagian besar disebabkan karena dirilis lebih awal untuk mengisi libur akhir pekan pada 4 Juli 2012. 

Disusul dengan film Transformers ($27.8 juta), Star Wars: The Last Jedi ($27.7 juta), dan Jurassic World ($24,3 juta), masing-masing di posisi keempat, kelima, dan enam.

Baca lanjutannya: 15 Rekor Box Office yang Dicapai Avengers: Infinity War (Bagian 2)

Related

Film 4772710172389869356

Recent

Hot in week

item