15 Rekor Box Office yang Dicapai Avengers: Infinity War (Bagian 2)


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (15 Rekor Box Office yang Dicapai Avengers: Infinity War - 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan urutan lebih lengkap, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

9. Pendapatan domestik 300 juta dolar AS tercepat

Avengers: Infinity War melebihi ekspektasi untuk box office domestik, dan terbukti hanya bersaing ketat dengan film Star Wars: The Force Awakens untuk posisi pertama, dengan pendapatan tercepat sebesar $300 juta di dalam negeri. 

Infinity War meraup $300 juta hanya dalam waktu lima hari, menyamai rekor The Force Awakens yang rilis tahun 2015. 

Namun, mengingat The Force Awakens menghasilkan $325 juta dalam lima hari dan Infinity War menghasilkan $ 305 juta, maka film Avengers: Infinity War secara teknis masih berada di urutan kedua. Namun, untuk rekor data terbaru tahun 2018, Avengers: Infinity War berada di urutan teratas sementara ini.

10. Film MCU dengan pendapatan tertinggi di hari Rabu

Avengers: Infinity War mengumpulkan $16.7 juta pendapatan box office domestik pada hari Rabu, 2 Mei 2018, sehingga menjadi pemuncak pendapatan film Marvel Studios yang diperoleh di hari Rabu pertama penayangannya. 

Film Black Panther sebelumnya memegang rekor dengan pendapatan $14.68 juta, tetapi Infinity War berhasil melewatinya. Menariknya, meski pendapatan $16.7 juta merupakan jumlah yang substansial, ternyata masih lebih rendah dibanding film-film blockbuster lainnya. 

Secara keseluruhan, pendapatan bruto tersebut menempatkan Avengers 3 di posisi ke-34, tepat di bawah Star Wars: The Last Jedi, dengan perolehan $16.8 juta dan berada di atas film Avatar yang meraup sebesar $16.4 juta.

11. Rekor waktu tercepat dengan pendapatan mencapai 1 miliar dolar

Avengers: Infinity War berhasil mencapai box office dengan jumlah $1 miliar di seluruh dunia, dan tidak diragukan karena film ini merupakan yang paling ditunggu tahun ini. Namun, seberapa cepat Avengers 3 melewati pencapaian 1 miliar dolar adalah cerita yang berbeda. 

Infinity War menjangkau perilisan global terbanyak kedua di Amerika Serikat, dalam sejarah film saat dirilis lebih dari 50 pasar sekaligus (sesuatu yang belum pernah dilakukan film-film MCU sebelumnya). 

Avengers 3 berhasil mencapai angka $1 miliar hanya dalam 11 hari! Kurang dari 1 hari bila dibandingkan film Star Wars: The Force Awakens, yang baru berhasil menembus $1 miliar secara global dalam waktu 12 hari saat dirilis bulan Desember 2015. Rekor ini diperkirakan akan tumbang oleh Avengers 4, yang akan tayang tahun depan.

12. Rekor pendapatan tertinggi di hari pertama penayangan di Rusia

Film Marvel selalu berhasil secara internasional, dan terbukti ketika Avengers: Infinity War memecahkan rekor hari perilisan perdana film di Rusia, saat tayang hari Kamis, 3 Mei 2018. 

Avengers 3 meraup $4.9 juta dalam satu hari, sehingga menetapkan rekor baru untuk negara tersebut, di mana Rusia juga menjadi pasar film terbesar ke-12 di dunia. Diperkirakan, Avengers 3 akan menghasilkan setidaknya $25 juta sampai akhir pekan.

13. Film MCU dengan pendapatan kotor tertinggi di minggu Kedua

Film-film blockbuster cenderung memperoleh pendapatan yang besar di pekan perdana penayangannya. Namun, untuk pekan kedua biasanya mengalami penurunan lebih cepat. Hanya film-film terbaik yang mampu bertahan selama berminggu-minggu. 

Avengers: Infinity War adalah salah satu contohnya. Tidak hanya memecahkan rekor pendapatan tertinggi sepanjang masa di pekan perdana, tetapi juga menjadi film Marvel Cinematic Universe dengan pendapatan tertinggi di pekan kedua penayangannya. 

Avengers 3 meraup sekitar $112.4 juta di dalam negeri hingga pekan kedua, sehingga perbedaan tipis nominal yang diperoleh mampu menyalip rekor yang sebelumnya diraih film Black Panther, dengan total pendapatan $111.6 juta. 

Menariknya, Infinity War mengalami penurunan relatif lumayan, sebesar 56,4% antara akhir pekan pertama dan kedua, sedangkan Black Panther hanya mengalami penurunan 44,7%. Sebagai informasi tambahan, film Star Wars: The Force Awakens masih memegang rekor dengan pendapatan tertinggi di pekan kedua, dengan perolehan $149.2 juta.

14. Rekor penjualan pre-sale tiket tertinggi di China

Avengers: Infinity War mungkin rilis di sebagian besar negara tertentu pada 27 April, tetapi tanggal rilis di China masih harus menunggu hingga tanggal 11 Mei 2018. Menerapkan penjualan tiket sebelum hari penayangannya, tanpa diduga Infinity War memecahkan rekor penjualan tiket pre-sale di China. 

Avengers 3 mengumpulkan $47.5 juta per tanggal 9 Mei 2018, sehingga melampaui pemegang rekor sebelumnya, Monster Hunt 2, yang meraup pendapatan $47 juta pada awal 2018. Tidak hanya itu, Infinity War berhasil melewati rekor film The Fate of the Furious (2017) yang mengumpulkan $25 juta untuk kategori film Hollywood terlaris, di mana penjualan tiket diberlakukan sebelum film tersebut tayang pada tanggal yang telah ditentukan.

15. Rekor pendapatan tertinggi untuk hari pertama penayangan di China

Avengers: Infinity War tidak diragukan lagi bertahan di puncak box office China. Melanjutkan rekor pre-sale ticket di negara tersebut, Infinity War meraih ¥451 juta pada hari Jumat (termasuk penayangan premiere Kamis malam), dengan perhitungan kasar mendapatkan lebih dari $71,3 juta. 

Nominal itu adalah terbesar ketiga untuk perilisan perdana sebuah film di China. Sebelumnya sudah ada film The Fate of the Furious, yang meraup ¥480 juta dan Monster Hunt 2 sebanyak ¥547 juta, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. 

Meskipun Avengers 3 memperoleh kurang dari jumlah pendapatan film Furious 8, tentu saja pendapatannya akan terus bertambah ketika kurs berubah ke satuan dolar AS. 

Jadi, Avengers 3 akhirnya mendapatkan sekitar $6 juta lebih banyak daripada Fast & Furious 8 yang rilis tahun lalu. Terlepas dari itu, jelas bahwa film terbaru Marvel ini kokoh di posisi teratas box office China.

Related

Film 150155035692883165

Recent

item