5 Fakta tentang Moon Knight, Superhero Marvel Berkepribadian Ganda


Moon Knight menceritakan Steven Grant yang mengidap kepribadian ganda atau DID (Dissociative Identity Disorder). Ia kemudian dapat berubah menjadi Moon Knight setelah berhadapan dengan Dewa Bulan dari Mesir, Khonsu. 

Berikut fakta-fakta tentang Moon Knight.

1. Mengidap Dissociative Identity Disorder (DID)

Moon Knight mengidap Dissociative Identity Disorder atau penyakit mental kepribadian ganda akibat tragedi pribadi masa lalu, dan pertemuan supernaturalnya dengan Khonsu. Kepribadian alternatif Moon Knight yang diketahui antara lain, Marc Spector, Steven Grant, Jake Lockley, dan Mr. Knight.

Di komik, Marc Spector merupakan mantan pembunuh bayaran yang meninggal di gurun dan dihidupkan kembali oleh Khonsu untuk menjadi Moon Knight. Marc adalah kepribadian utama Moon Knight.

Sedangkan Steven Grant adalah miliarder yang mendanai dan memfasilitasi segala perlengkapan dan senjata yang dibutuhkan Moon Knight. 

Jake Lockley adalah seorang sopir taksi sekaligus informan bagi Moon Knight untuk mengetahui keberadaan musuh-musuhnya. Terakhir ada Mr. Knight, kepribadian dari Moon Knight yang menyerupai detektif, karena ia masih bisa bekerja sama dengan aparat hukum, menguak kejahatan, dan menjadi sosok pahlawan bagi masyarakat. 

2. Tidak segan membunuh lawannya

Berbanding terbalik dengan kepribadian Mr. Knight, Moon Knight memiliki caranya sendiri untuk menghabisi para musuhnya. Ia lebih suka turun ke lapangan dan menghajar para penjahat dengan tinjunya yang brutal dan tanpa ampun. Bahkan, Moon Knight tidak segan-segan membunuh musuhnya.

Salah satu korban pembunuhan Moon Knight adalah Raul Bushman, seorang tentara bayaran dan teroris. Moon Knight membunuhnya dengan merobek wajah Bushman menggunakan ujung crescent dart, senjatanya yang berbentuk bulan sabit. Moon Knight juga pernah membunuh salah satu musuh lamanya, Jeff Wilde, dengan menusukkan jarum jam ke bagian kepalanya.

3. Sempat bergabung dalam beberapa kelompok superhero Marvel

Moon Knight merupakan seorang vigilante yang lebih sering melakukan operasinya seorang diri tanpa bantuan orang lain. Meskipun begitu, dalam beberapa kesempatan, ia pernah ikut bekerja sama dengan superhero lain untuk melawan para penjahat.

Beberapa kelompok pahlawan super tersebut antara lain, West Coast Avengers, tim Avengers yang dipimpin oleh Hawkeye, Midnight Sons, sekelompok pahlawan super yang bertugas menangani masalah yang bersifat mistis dan supernatural. Kemudian, ada Secret Avengers, tim Avengers yang beroperasi di bawah bayang-bayang dunia.

4. Kekuatan meningkat ketika bulan purnama

Sebelum menjadi Moon Knight, Marc Spector adalah tentara bayaran yang sudah ahli dalam bertarung jarak dekat dan penggunaan senjata. Selain itu, Marc juga seorang ahli penembak jarak jauh atau marksman. 

Setelah pertemuannya dengan Khonsu, kelincahan, ketahanan, dan kekuatan fisiknya mengalami peningkatan. Ia menjadi jauh lebih kuat dari manusia biasa.

Kekuatan fisiknya akan mengalami peningkatan lagi tergantung pada fase bulan, mulai dari fase bulan baru, bulan sabit, hingga bulan purnama. Kekuatan fisik Moon Knight akan mencapai titik terkuatnya pada fase bulan purnama, ia bisa mengangkat benda yang beratnya sekitar 2 ton.

5. Sering dibandingkan dengan Batman

Hingga saat ini, banyak kalangan penggemar Marvel maupun DC yang membandingkan Moon Knight dengan Batman. Banyak yang mengatakan bahwa Moon Knight merupakan Batman versi Marvel.

Memang terdapat kesamaan di antara dua karakter ini, salah satunya adalah beraksi di malam hari dan senjata mereka yang menyerupai logo mereka, yaitu crescent dart milik Moon Knight dan batarang milik Batman.

Namun, Moon Knight dan Batman merupakan dua karakter yang sangat jauh berbeda. Perbedaan yang menonjol adalah Moon Knight tidak memiliki batasan dalam melumpuhkan lawannya, bahkan dia akan membunuh jika diperlukan. Sedangkan Batman memiliki kode etik di mana ia tidak akan membunuh lawannya, dan dia akan menyerahkan lawannya kepada polisi untuk diadili. 

Perbedaan lainnya yaitu Moon Knight memiliki pengalaman supernatural dan mempunyai hubungan langsung dengan Dewa Bulan, Khonsu. Sedangkan Batman tidak ada keterkaitan sama sekali dengan hal-hal supernatural.  

Dapat dilihat bahwa Moon Knight merupakan karakter Marvel yang unik dan berbeda dari karakter lainnya. 

Related

Entertainment 6494855193153010518

Recent

item