5 Hal yang Membuat Sebagian Orang Tak Pernah Terkena Covid-19


Banyak orang yang sudah terinfeksi Covid-19 sejak pandemi berlangsung sekitar dua tahun lalu. Sebagian di antaranya bahkan tertular Covid-19 lebih dari satu kali. Namun, ada pula orang-orang yang ternyata belum pernah sekalipun terkena Covid-19.

Ahli mengungkapkan bahwa setidaknya ada lima alasan yang membuat seseorang belum pernah terdiagnosis positif Covid-19 selama pandemi. Berikut ini adalah kelima alasan tersebut, seperti dilansir Huffington Post.

Vaksin, Masker, dan Jaga Jarak Bekerja Baik

Dokter keluarga Dr Marie-Elizabeth Ramas mengatakan ada beberapa hal yang dapat menekan penyebaran infeksi Covid-19. Sebagian di antaranya adalah divaksinasi secara efektif, menggunakan masker di dalam ruangan, dan menjaga jarak fisik.

Sebuah studi terbaru menyoroti peran penting masker dalam mencegah penularan. Menurut studi tersebut, penggunaan masker di lingkungan sekolah dapat mengurangi infeksi hingga hampir 25 persen.

Divaksinasi secara efektif tak hanya mencakup pemberian dua dosis vaksin Covid-19, tetapi juga pemberian booster atau dosis tambahan. Orang-orang yang telah dinyatakan layak untuk menerima vaksin Covid-19 sebaiknya segera melakukan hal tersebut.  

Benar-Benar Terisolasi

Pandemi Covid-19 mendorong terjadinya perubahan dalam berbagai aspek kehidupan. Berbagai penyesuaian juga dilakukan agar masyarakat tidak banyak beraktivitas di luar rumah, seperti bekerja dari rumah hingga layanan konsultasi dokter secara daring atau telemedisin.

Berdiam diri di rumah selama pandemi juga kerap menjadi pilihan bagi orang-orang dengan masalah kelainan imun agar terhindar dari risiko penularan Covid-19. Beberapa contohnya adalah orang yang pernah terkena kanker, orang yang menerima transplantasi organ, orang yang menjalani kemoterapi, atau orang yang mengonsumsi obat penekan imun. Mer

Dengan menghabiskan lebih banyak waktu di rumah, kemungkinan kontak secara fisik dengan orang lain menjadi berkurang. Hal ini turut menekan risiko terjadinya penularan Covid-19.

Sudah Terkena Tapi Tidak Merasa

Seperti diketahui, sebagian besar kasus Covid-19 hanya memunculkan gejala ringan yang sekilas mirip seperti flu atau pilek. Ada pula kasus Covid-19 yang tak memunculkan gejala sama sekali. Berdasarkan hal ini, sangat mungkin seseorang terkena Covid-19 tanpa disadari.

Sebuah survei yang dilakukan oleh Centers for Disease Control and Prevention (CDC) juga mendukung hal ini. Survei yang melibatkan lebih dari 70.000 sampel darah ini menemukan bahwa sekitar 43 persen warga Amerika Serikat pernah terinfeksi Covid-19. Angka tersebut jauh lebih tinggi dari angka kasus Covid-19 nasional di negara tersebut.

"Inilah mengapa melakukan tes sangat penting," ungkap Dr Ramas.

Banyak ahli juga mengungkapkan bahwa sebagian besar orang saat ini kemungkinan sudah pernah terpapar virus SARS-CoV-2. Akan tetapi, ada beragam faktor yang mempengaruhi paparan tersebut berkembang menjadi infeksi atau tidak. Misalnya, penggunaan masker, riwayat vaksinasi, hingga muatan virus yang beredar.

Transmisi di Rumah Belum Tentu Terjadi

Ketika ada satu orang terkena Covid-19, belum tentu orang-orang yang tinggal satu rumah juga ikut tertular. Hingga saat ini, masih ada banyak faktor terkait transmisi di lingkup rumah yang belum dipahami menurut kepala penyakit menular di UConn Health Dr Kevin Dieckhaus.

Menurut laporan CDC selama gelombang Omicron berlangsung, satu dari dua orang di satu rumah yang sama akan terkena Covid-19 bila ada orang lain di rumah tersebut yang terinfeksi. Akan tetapi, tingkat penularan di lingkup rumah tampak lebih rendah bila orang yang terinfeksi melakukan isolasi mandiri, penghuni rumah sudah diisolasi, dan semua orang di dalam rumah menggunakan masker.

Beruntung

Pandemi dan penyakit Covid-19 sering kali tak bisa diprediksi. Ada orang yang jarang terpapar Covid-19 namun kemudian terinfeksi. Ada pula orang yang sering terpapar Covid-19 tetapi kondisinya tetap prima dan tidak tertular. Terkadang, tertular atau tidaknya seseorang dengan Covid-19 mungkin juga dipengaruhi oleh faktor keberuntungan.

Related

Health 5283623279621317

Recent

item