Stok Minyak Goreng Melimpah tapi Harga Selangit, Emak-emak Menjerit


Kemelut minyak goreng yang langka di Indonesia belum juga berakhir. Bahkan kini pemerintah telah angkat tangan dan menghilangkan harga eceran tertinggi (HET) yang kemarin ditetapkan sebesar Rp14.000 per liter.

Per Rabu (16/3/2022) kemarin, harga minyak goreng kembali ke kisaran 20 ribuan untuk ukuran 1 liter. Sementara ukuran 2 liter bisa mencapai hampir 50 ribu.

Yang menjadi sorotan, semenjak harganya kembali naik, minyak goreng sudah tidak lagi menjadi produk langka. Hal ini seperti terlihat dari unggahan seorang wanita yang merekam aktivitas pegawai swalayan menata sejumlah besar minyak goreng di rak.

"Hore! Giliran minyak udah mahal lagi, ini sekarang berjejer banyak. Dah... ditaruh-taruhin semuanya tuh," sindir ibu-ibu yang merekam banyaknya stok minyak goreng tersebut, dikutip dari akun Instagram @kabarnegri pada Kamis (17/3/2022).

"Subsidinya dicabut, minyaknya langsung dipenuhin. Entar dipenuhin tuh," sambungnya.

Dari keterangan yang disertakan, video ini diambil pada Rabu kemarin. "Giliran harga naik jadi 48 ribu stok banyak. Lah pas subsidi 28 ribu minyak hilang bak ditelan mantan," tulis ibu itu.

Jeritan yang sama disuarakan oleh ibu-ibu lain yang menemukan rak swalayan terisi penuh oleh minyak goreng. Namun harga per 2 liternya mencapai Rp50.000, membuat ibu-ibu semakin resah.

"Minyak goreng bestie, tapi udah naik harganya 50 ribu 2 liter," ujar wanita perekam video tersebut.

Fenomena ini pun membuat publik semakin geram lantaran kemarin rebutan minyak goreng murah bahkan sampai memakan korban. Minyak goreng murah kemarin juga dinilai tidak dirasakan secara merata oleh masyarakat.

"Biasa, ini adalah taktik dagang untuk mendapatkan untung yang banyak," komentar warganet.

"Jangan ke tergantungan sama Minyak goreng. Yang kaya makin kaya. Yang miskin makin parah," tutur warganet.

"Aneh bin ajaib saat harga minyak goreng 14rb/kg ga ada Setok giliran harga naik mak bedunduk langsung melimpah kaya daun karet kering berserakan," kritik warganet.

"Kembali ke jaman dulu aja. Cukup di pepes dan di bakar masaknya, lebih sehat dan lezat ..," kata warganet yang sepertinya sudah lelah dengan kemelut harga minyak goreng.

Related

News 1956567074077739393

Recent

item