Bagaimana Cara Menambang Bitcoin? Ini Penjelasannya (Bagian 2)


Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Bagaimana Cara Menambang Bitcoin? Ini Penjelasannya - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Kebutuhan untuk mining bitcoin?

Ada tiga hal yang harus dibutuhkan sebelum memulai penambangan bitcoin, yaitu:

1. Komputer Berdaya Tinggi
2. Koneksi Internet Cepat
3. Biaya Listrik yang Besar

Untuk memulai menambang Bitcoin (mining), diperlukan komputer dan perangkat keras (hardware) khusus penambangan bitcoin. Umumnya, hardware untuk menambang bitcoin (mining) menggunakan ASIC (Application Specific Integrated Sircuit). Beberapa hal yang bisa jadi bahan pertimbangan kamu ketika membeli ASIC yaitu:

* Harga
* Hash rate (semakin tinggi hash rate, semakin cepat ASIC)
* Kebutuhan listrik (semakin tinggi angka ini, semakin besar biaya listrik yang dikeluarkan)

Mengapa menambang bitcoin membutuhkan listrik yang besar? Sebab pasar kripto sendiri berlangsung setiap saat tanpa hari libur.

Bayangkan jika menjalankan satu komputer biasa selama 24 jam sehari, tentunya akan memakan listrik yang besar, kan? Apalagi dengan hardware khusus untuk menambang bitcoin. Misalnya, DragonMint T1 miner memiliki daya 1600W. Kalikan ini dengan 100, maka itulah tagihan listrik yang harus dibayar setiap bulan.

Selain hardware, kamu juga membutuhkan software untuk menambang bitcoin. Ada beberapa software mining bitcoin populer yang mendukung penambangan (mining) bitcoin dengan ASIC, yaitu:

* Bitcoin miner
* BTC miner
* Easy miner
* CG miner
* BFG miner

Menambang di Pool Mining

Cara menambang bitcoin lainnya adalah menambang di pool mining. Sederhananya, bergabung kekuatan dengan para penambang lain dalam suatu pool (kolam) untuk mining bitcoin. Nantinya, akan berbagi imbalannya untuk hasil yang diperoleh dari mining bitcoin.

Bagaimana cara menambang bitcoin di pool mining?

Pertama, harus mendaftar ke sebuah kolam atau pool. Selanjutnya, semua penambang yang berada di pool yang sama setuju untuk berbagi imbalan bitcoin berapapun dengan anggota kolam yang lain. Dengan demikian, akan menerima pembayaran kecil secara teratur.

Cloud Mining

Berikutnya, ada cara menambang bitcoin yang dikenal dengan sebutan cloud mining. Sederhananya, dengan metode cloud mining yakni membeli CPU power dari data center yang memiliki perlengkapan untuk melakukan aktivitas mining cryptocurrency seperti Bitcoin (BTC) atau altcoins lain yang bisa ditukarkan menjadi bitcoin.

Keuntungan dari pendekatan ini adalah tidak perlu memiliki pengetahuan mendalam mengenai hardware mining, ataupun membeli peralatan mahal dan tidak terjangkau. Menyewa 'hash power' (terkadang terukur dalam Gigahertz per detik atau GH/s) juga berarti tidak perlu berhubungan dengan panas dan bising dalam project mining DIY.

Hanya saja cara menambang bitcoin dengan cloud mining memiliki risiko yang tinggi. Misalnya, untuk mining bitcoin di cloud mining, harus membayar uang di depan. Jika harga bitcoin sedang turun, mungkin akan terjebak dalam sebuah kontrak dan menambang dalam kerugian, kecuali jika harga bitcoin naik lagi.

Apakah Ada Cara Mudah Lainnya Untuk Mendapatkan Bitcoin?

Mining bitcoin bukanlah satu-satunya cara untuk mendapatkan bitcoin. Saat ini banyak platform trading bitcoin yang tentunya dapat diakses untuk dapat membeli bitcoin. Opsi ini bisa dibilang paling mudah karena investor cukup mengunduh aplikasi pada smartphone masing-masing.

Related

Technology 8843715287315473734

Recent

item