Kisah TKI Asal Banjarnegara yang Sukses Jadi YouTuber di Korea


Pekerjaan sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI) masih menjadi pilihan masyarakat yang ingin mencari rezeki selain di tanah air. Dan siapa sangka menjadi TKI juga membuka kesempatan untuk menjadi YouTuber di zaman sekarang ini.

Seperti cerita TKI bernama Leli Lestari atau yang lebih dikenal dengan Zhiee Leely di YouTube. Memiliki lebih dari setengah juta subscriber di YouTube, Zhiee mengungkapkan kisahnya saat pertama kali datang ke Korea pada 2010.

"Pertama berangkat ke Korea, November tahun 2010. Ada kesulitan saat aku pertama kali datang ke Korea karena kendala bahasa, karena dulu cuma belajar 3 bulan, jadi belum terlalu lancar bahasa Korea. Terus harus adaptasi sama orang Korea dan musim di Korea," kata Zhiee.

Zhiee mengatakan alasannya tertarik bekerja di Korea karena ajakan dari temannya yang sudah terlebih dahulu bekerja di Negeri Gingseng. Sebelum bekerja di Korea, wanita yang lahir di Banjarnegara, Jawa Tengah ini pernah bekerja di pabrik makanan di daerah Bogor.

Zhiee mendapatkan pekerjaan di Korea Selatan di sebuah pabrik tahu. Dia kemudian iseng membuat konten tutorial hijab dan vlog kesehariannya sebagai TKI di Korea.

"Awalnya cuma iseng buat mengisi kegiatan di Korea, tapi lama-lama terbiasa buat video. Akhirnya fokus nge-Youtube sambil kerja di Korea. Aku pun nggak punya tim, cuma buat video bareng sama suami. Isi kontennya kebanyakan tentang kegiatan selama di Korea. Kebanyakan belanja dan kuliner di Korea," katanya.

Mulai konsisten membuat vlog untuk YouTube sejak 2017, total videonya sudah ditonton lebih dari 80 juta kali. Ia pun merasakan buah dari keberhasilannya sebagai TKI YouTuber di Korea Selatan.

"Hasil YouTube Alhamdulillah bisa ditabung. Awalnya iseng-iseng sekalian buat kenang-kenangan selama di Korea. Alhamdulillah punya subscriber yang tiap hari bertambah, jadi akhirnya tambah semangat buat Youtube. Waktu itu sempat buat peternakan ayam hasil dari uang Youtube," ujar Zhiee.

Zhiee mengatakan popularitasnya di YouTube meningkat seiring semakin rutinnya dia mengunggah segala hal mengenai kesehariannya sebagai TKI di Korea.

Menurutnya, Youtube-nya semakin banyak dikenal sejak ia rutin mengunggah kehidupannya selama di Korea. Beberapa videonya yang ditonton jutaan kali di antaranya berjudul Jajanam Kaki Lima di Myeongdong Korea + Ketemu Artis Kpop dan Penen Buah Mulberi Liar di Pinggir Jalan Korea.

"Mulai banyak yang menonton sejak 3 bulan pertama buat YouTube, waktu itu video kuliner yang banyak ditonton," tambahnya

Zhiee sudah pulang ke kampung halamannya karena sudah menyelesaikan kontrak kerja di Korea.

Selama bekerja sebagai karyawan pabrik tahu di Korea, ia menikmati selama berada di Korea, "Pengalaman selama di Korea yang pasti ada suka dukanya. Sukanya bisa bekerja di Korea sekaligus bisa jalan-jalan saat libur kerja. Dukanya jauh dari keluarga, ga bisa ketemu setiap hari."

Zhiee saat ini berada di kampung halamannya di Banjarnegara, Jawa Tengah. Dia pulang kampung karena kontraknya sebagai TKI sudah selesai. Meski demikian Zhiee masih konsisten mengunggah berbagai hal tentang kehidupan di Korea di akun YouTube-nya.

Related

Romance 5361940628080128146

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item