5 Film Hollywood yang Meramalkan Masa Depan dengan Akurat

5 Film Hollywood yang Meramalkan Masa Depan dengan Akurat

Albert Einstein, ilmuwan terkemuka abad 20, menyatakan bahwa imajinasi lebih hebat dibanding pengetahuan. Kenyataannya, ilmu pengetahuan memang sering “kalah” dibanding imajinasi. Ilmu pengetahuan biasanya baru menciptakan sesuatu, setelah imajinasi lebih dulu menciptakannya.

Hal itu tergambar dalam banyak film, khususnya yang ber-genre fiksi ilmiah. Teknologi-teknologi canggih seperti ponsel, internet, robot, perjalanan ke luar angkasa, semuanya diawali oleh imajinasi. Hasil imajinasi itu tergambar dalam banyak film. Bertahun-tahun kemudian, ilmu pengetahuan baru benar-benar mampu menciptakannya.

Berikut ini adalah lima film Hollywood yang membuktikan bahwa imajinasi memang mendahului pengetahuan. Banyak hal dalam film-film ini yang semula dianggap “tak masuk akal” kini menjadi kenyataan.

1. Face/Off

Plot utama film “Face/Off” adalah pertukaran identitas antara seorang polisi dan penjahat. Dua tokoh, yang diperankan John Travolta dan Nicolas Cage, berganti wajah untuk mengecoh banyak orang. 

Film ini dirilis pada 1997. Tiga belas tahun kemudian, pada 2010, sebuah tim bedah yang terdiri dari 30 dokter di Spanyol pertama kalinya melakukan operasi face off. Mereka berhasil melakukan transplantasi wajah secara utuh, tanpa kendala. Bahkan fungsi kelopak mata dan lubang telinga mampu berjalan baik, layaknya film “Face/Off”.

2. Super Mario Bros

Dalam film “Super Mario Bros”, tampak sebuah adegan yang menunjukkan gedung World Trade Center alias WTC ambruk, akibat ledakan yang sangat besar. Adegan di dalam film rilisan tahun 1993 ini seperti memprediksi bakal terjadinya tragedi 11 September 2001, ketika gedung WTC benar-benar hancur.

3. 2001: A Space Odyssey 

Film yang rilis pada 1968 ini menampilkan teknologi komputer tablet, yang kini populer digunakan masyarakat di seluruh dunia. Selain itu, film ini juga menampilkan stasiun luar angkasa, serta paket wisata ke luar angkasa. Stasiun luar angkasa kini telah terbukti ada, yaitu ISS (International Space Station).

4. WarGames

“WarGames” adalah film yang dirilis pada 1983. Film ini menampilkan aktor Matthew Broderick saat masih muda. Sayangnya, saat itu WarGames dianggap terlalu “mengada-ada”. 

Namun, kini semua yang ada dalam film itu justru menjadi kenyataan, seperti adanya teknologi internet, dan perang dunia maya yang dilakukan para hacker atau peretas.

5. Short Circuit 

Film yang rilis pada 1986 ini menceritakan robot bernama Number 5 yang merupakan eksperimen militer. Robot tersebut diberi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence, sehingga bisa bergerak atau berbuat sesuai kemauannya sendiri. Robot itu akhirnya digunakan untuk keperluan perang. 

Saat ini, banyak negara telah menggunakan robot untuk membantu dalam banyak hal. Misal untuk melakukan penyergapan atau mengamankan daerah yang dikhawatirkan menyimpan bom atau ranjau. Robot yang awalnya hanya khayalan, sekarang telah menjadi kenyataan.

Related

Film 2619025785240232460

Recent

item