6 Film Horor yang Menginspirasi Pembunuhan di Dunia Nyata


Naviri Magazine - Banyak orang menyukai film horor sebagai hiburan. Kenyataannya memang ada banyak film horor yang menarik, bahkan muncul tokoh-tokoh ikonik dari film horor, semisal Freddy Krueger, Jigsaw, dan lain-lain, tak jauh beda dengan film-film superhero yang mempopulerkan Batman, Superman, dan lain-lain.

Sudah lama diketahui, film—beserta tokoh dan kisah di dalamnya—bisa menginspirasi orang untuk melakukan hal sama di kehidupan nyata. Sebenarnya tidak masalah jika yang ditiru adalah hal-hal baik. Sayangnya, beberapa orang meniru hal-hal buruk bahkan sadis yang ia saksikan dalam film.

Berikut ini adalah enam film horor yang diketahui telah menginspirasi orang untuk melakukan pembunuhan terhadap orang lain. Fakta-fakta berikut ini cukup menjadi peringatan bagi para orang tua untuk lebih memperhatikan tontonan anak-anaknya.

Halloween II

Pada 1984, seorang tukang di California, bernama Richard Boyer, didakwa karena membunuh sepasang suami istri bernama Aileen dan Francis Harbitz, pada 1982.

Boyer mengatakan kepada penyidik bahwa ia berada di bawah pengaruh PCP dan kokain, sehingga mengalami halusinasi seperti adegan dalam film Haloween II. Ia sempat lolos dari tuntutan hukuman mati, tapi kembali terlibat kasus pembunuhan pada 1992, dan dijatuhi hukuman mati lagi.

Friday The 13th Series

Pada 1988, seorang mahasiswa bernama Sharon Gregory, berumur 18 tahun, ditemukan tewas mengenaskan di rumahnya, di Kota Massachusetts. Berdasarkan keterangan kepolisian, ia dibunuh oleh seseorang yang terinspirasi dengan sosok Jason Voorhees.

Diketahui, Sharon tengah melakukan studi psikologis pada March Branch, seorang remaja berusia 19 tahun, yang benar-benar terobsesi dengan serial film Friday the 13th. Keadaan psikologis Branch memburuk, hingga akhirnya menikamnya hingga tewas.

Child's Play

Pada 1993, dua anak berusia 10 tahun di Britania Raya, yaitu Robert Thompson dan Jon Venables, melakukan pembunuhan keji pada bocah berusia 2 tahun.

Berdasarkan keterangan penyidik, kemungkinan kedua anak tersebut terinspirasi film Child's Play, karena diketahui orang tua mereka baru saja menonton film itu, yang dipinjam dari rental video.

Nightmare at The Elm Street Series

Pada 2004, Daniel Gonzalez melakukan pembunuhan pada seorang wanita berusia 76 tahun. Kemudian, ia kembali membunuh pria berusia 46 tahun menggunakan beberapa pisau, seperti layaknya Freddy Krueger.

Ia mengatakan kepada polisi, bahwa ia memiliki pemikiran menjadi Freddy Krueger selama satu hari. Setelah mendapat enam dakwaan atas kasus pembunuhannya, akhirnya tahun 2006 ia mengakhiri hidup dengan cara bunuh diri.

Scream

Pada 2001, seorang pria bernama Thierry Jaradin, di Belgia, melakukan pembunuhan terhadap remaja berusia 15 tahun bernama Alisson Cambier. Pria gila ini membunuh Cambier dengan mengenakan topeng GhostFace, lalu menusuknya sebanyak 30 kali.

Setelah membunuhnya, ia meletakkan mawar di tangan korban, kemudian meninggalkan mayat korban di atas tempat tidur. Kepada kepolisian, Jaradin mengakui bahwa ia sangat terinspirasi film favoritnya, yaitu Scream.

Saw Series

Pada 2009, dua remaja di Utah didakwa tiga tuduhan, karena melakukan penculikan sadis. Menurut catatan polisi, mereka berencana menculik dua teman sekelas mereka dan seorang polisi, kemudian menyiksanya sampai mati dengan menggunakan permainan rumit Jigsaw.

Ibu salah satu remaja tersebut mengatakan bahwa mereka juga meminta kamera untuk merekam aksi pembunuhan tersebut, dan ingin menyebarkannya ke internet agar mereka terkenal.

Banyaknya aksi kekerasan dan pembunuhan yang terinspirasi dari film-film. Ada baiknya kita semakin meningkatkan kewasapadaan, terutama untuk kalangan anak-anak dan remaja, dalam memilih konten-konten hiburan yang dibutuhkan.

Related

Film 8516225575521765535

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item