Asal Usul Pakaian Warna Merah Muda untuk Anak Perempuan

Asal Usul Pakaian Warna Merah Muda untuk Anak Perempuan

Pada awal abad ke-20, beberapa toko besar di Amerika Serikat mulai mempromosikan warna yang "sesuai untuk jenis kelamin bayi”. 

Pada tahun 1918, publikasi Earnshaw's Infants Department mengklaim “aturan yang diterima secara umum mengenai warna untuk jenis kelamin”. 

Merah muda untuk anak laki-laki, dan biru untuk anak perempuan. Alasannya adalah merah muda menjadi warna yang lebih tegas dan lebih kuat, lebih cocok untuk anak laki-laki. Sedangkan biru, yang lebih lembut dan halus, lebih cantik untuk anak perempuan.

Selain itu, majalah Time edisi 1927 mencatat bahwa department store skala besar di Boston, Chicago, dan New York menyarankan warna merah muda untuk anak laki-laki. Namun, tren warna merah muda untuk anak laki-laki ini tidak sebesar sebutan warna untuk jenis kelamin kita seperti saat ini.

Baby boomer di tahun 1940-an adalah yang pertama kali mengenakan pakaian khusus jenis kelamin yang sudah dikenal orang Amerika saat itu. Anak laki-laki dan perempuan berpakaian seperti miniatur pria dan wanita dewasa. Merah muda menjadi warna perempuan, biru untuk laki-laki.

Tren pakaian anak-anak ini menurun pada pertengahan 1960-an dan 1970-an, karena gerakan pembebasan perempuan (feminisme). Orang-orang yang mengambil bagian dalam gerakan ini menganggap bahwa mendandani gadis-gadis muda dengan pakaian feminin atau stereotip pakaian feminin akan membatasi peluang gadis-gadis tersebut untuk sukses.

Banyak orang tua mulai menyukai warna dan mode netral. Namun, pada 1980-an, pakaian anak-anak yang berorientasi pada gender kembali menjadi mode. Karena orang tua dapat mempelajari dan kemudian menekankan jenis kelamin bayi mereka sebelum kelahiran bayi. 

Selain itu, teknologi pencucian pakaian mulai memungkinkan pembersihan dan pemutihan pakaian warna-warni tanpa merusak warna pakaian.

Related

History 617449850161752900

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item