Bagaimana Memulai Kebiasaan Baru dan Konsisten Menjalaninya


Sejumlah orang mengeluh tidak bisa konsisten melakukan action dengan tekun dan penuh kegigihan. 

Kenapa mudah stuck dan acap menyerah di tengah jalan saat hendak melakukan perjuangan mengubah nasib? Kenapa tekad untuk melakukan perubahan diri ke arah yang lebih baik selalu hanya berhenti pada angan-angan, dan tak kunjung menjadi realitas?

Studi yang dilakukan pakar human performance Profesor Teresa Amabile dari Harvard Business School telah menemukan jawabannya. Dalam buku karyanya yang berjudul The Progress Principle, dia menuliskan: banyak orang gagal melakukan perubahan diri ke arah yang lebih baik karena mereka gagal menemukan dan merasakan sense of progress.

Ya benar, banyak orang ingin melakukan perubahan diri ke arah yang lebih baik – misal menjadi lebih bugar tubuhnya, lebih langsing, lebih kaya, lebih makmur, lebih disiplin dalam bekerja, lebih rajin beribadah, lebih sukses, hingga lebih baik dalam beragam aspek lainnya.

Namun sayangnya, tekad perubahan diri ke arah yang lebih baik itu acapkali nyungsep di tengah jalan. Angan-angan untuk menjadi “pribadi yang lebih baik” seringkali tetap menjadi fatamorgana.

Kenapa angan-angan untuk melakukan perubahan-diri yang lebih baik ini gagal? Kenapa motivasi untuk terus berjuang dengan tekun dan konsisten, mudah lenyap ditelan waktu?

Jawabannya seperti yang telah dituliskan di atas: karena kita gagal menemukan sense of progress, atau gagal merasakan kemajuan atas apa yang sedang kita jalankan.

Dalam studinya yang ekstensif, Profesor Teresa menemukan fakta yang menarik, yakni bahwa salah satu motivator terbaik bagi diri kita ternyata “sense of progress”. Saat kita merasakan kemajuan dalam hidup, atau saat kita bisa merasakan kemajuan dari apa yang kita lakukan untuk mengubah nasib, maka kita akan makin bersemangat menjalaninya, dan akan konsisten melakukannya.

Studi Profesor Teresa memang menunjukkan: sense of progress amat krusial perannya agar kita bisa tetap termotivasi, dan bisa terus konsisten menjalankan aksi demi perubahan ke arah yang lebih baik.

Maka menjadi amat penting agar kita setiap waktu bisa terus menemukan dan merasakan sense of progress. Sebab sekali lagi, saat kita gagal merasakan sense of progress dalam hidup/bisnis/karir yang kita tekuni, maka semangat kita akan menurun.

Pertanyaannya: bagaimana cara menemukan dan merasakan sense of progress?

Berikut tips yang bisa kita ikuti:
  • Tetapkan target action yang simpel dan mudah dicapai (easy target)
  • Jadikan pencapaian easy target itu sebagai small wins
  • Jadikan small wins sebagai pijakan untuk terus bergerak maju

Jadi langkah pertama untuk bisa menemukan sense of progress adalah menetapkan target yang simpel dan mudah dicapai.

Intinya adalah jangan langsung pasang target yang muluk-muluk. Nanti malah sulit dicapai dan bikin motivasi jadi down.

Misal: kalau mau memulai habit membaca buku, tetapkan target awal tiap malam bisa baca buku cukup 1 halaman saja (just one page).

Atau contoh lain, misal kita ingin lebih rajin baca Al Qur’an: maka tetapkan saja target tiap habis Subuh, cukup baca Al-Qur’an setengah halaman saja (ya hanya setengah halaman saja; ini target awal kalau kita mau memulai sebuah habit baru).

Atau target lain lagi, misal kita ingin lebih mahir dalam internet marketing, maka tetapkan target action yang mudah dilakukan: tiap malam belajar Instagram Marketing cukup 10 menit saja. Ya 10 menit saja. Bukan setengah jam atau bahkan satu jam. Cukup 10 menit saja.

Atau kalau kita ingin lebih bugar, maka tetapkan target jalan kali cukup 3 menit saja tiap pagi. 3 menit dan beberapa langkah saja. That’s it.

Intinya adalah: Start small, take first easy steps.

Apapun jenis action yang akan Anda lakukan, sebaiknya tetapkan target pencapaian awal yang mudah dan simpel. Apa tujuannya? Supaya mudah dijalani dan diraih targetnya. Ini penting sekali.

Kenapa? Sebab saat Anda benar-benar bisa meraih target yang mudah dan sederhana, Anda akan bisa menemukan small wins dan merasakan sense of progress. Dan persis di situlah poinnya.

Studi Profesor Teresa menujukkan: pencapaian yang kecil sekalipun ternyata bisa membuat Anda merasakan sense of progress. Dan saat Anda bisa merasakan sense of progress, maka motivasi Anda akan terus meningkat dan membesar.

Jadi target yang kecil dan mudah dicapai memang didesain supaya Anda bisa menemukan small wins. Sebab saat Anda bisa menemukan small wins, maka Anda bisa merasakan sense of progress yang amat penting bagi gerak langkah Anda.

So, mulailah tetapkan target action yang mudah dan simpel. Lalu, temukan small wins. Setelah itu, jadikan small wins sebagai pijakan untuk merasakan sense of progress.

Selanjutnya, sense of progress tersebut yang akan terus memicu motivasi Anda untuk bergerak maju. Sense of progress akan membuat Anda bisa terus konsisten menjalani action demi masa depan yang lebih baik.

Related

Psychology 4774686683264560548

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item