Crazy Rich Grobogan Perbaiki Jalan Raya di Desanya yang Rusak, Habiskan Rp 2,8 Miliar


Joko Suranto, warga Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, sangat pas bila disematkan julukan sebagai crazy rich Grobogan. Sebab, Joko Suranto ikhlas mengeluarkan dana pribadi sampai Rp 2,8 miliar untuk memperbaiki jalan pemerintah yang menuju rumah orangtuanya. 

Hal tersebut menjadi perhatian publik setelah kisahnya diunggah akun YouTube Grobogan TV, sehingga viral di media-media sosial. Total ruas jalan ke rumah masa kecil yang diperbaiki memakai uang pribadi Joko Suranto adalah 1,8 kilometer. 

Berdasarkan informasi yang terhimpun, Joko Suranto adalah usahawan asal Desa Jetis, Kecamatan Karangayung, Kabupaten Grobogan. 

Joko Suranto dikenal sebagai perantau di Jakarta. Di Ibu Kota, usahanya di bidang properti mengalami kesuksesan, sehingga uang yang masuk ke rekeningnya terbilang fantastis. 

Kekinian, ia tinggal di Kota Bandung, Jawa Barat. Tak hanya itu, Joko Suranto juga dikenal sebagai Ketua Dewan Pimpinan Daerah Real Estate Indonesia atau DPD REI Jawa Barat. 

Menurut Kepala Desa Jetis sekaligus kakak Joko Suranto, yakni Suharnanik, sang adik mengaku kesal karena jalan di desa kelahirannya tak kunjung diperbaiki oleh pemerintah. Bahkan, kondisi itu sudah berlangsung sejak 20 tahun silam. 

"Kalau musim penghujan, banyak warga yang jatuh karena jalan rusak. Banyak lubang," kata Suharnanik. 

Dia mengatakan, Joko Suranto mengetahui jalan di desanya itu adalah aset pemerintah daerah. Tapi sebagai putra daerah, Joko Suranto juga merasa prihatin. Memakai uang pribadinya, Joko Suranto berhasil memperbaiki serta meningkatkan kualitas jalan di desanya. 

Kekinian, jalan itu sudah dicor hingga selebar 4,5 meter. Sementara ketebalan jalan bercor tulang 20 sentimeter. Pengerjaannya pun terbilang cepat, yakni 21 hari. 

Warganet membanjiri kolom komenter kanal YouTube itu dengan puji-pujian untuk Joko Suranto. 

"Ini bener-bener crazy rich, mudah-mudahan Allah yang membalas kebaikanmu, amiin," kata akun Suhartini Tini. 

"Wahh patut di contoh ini. Tidak harus pejabatpun bisa membangun jalan, sehat selalu buat keluarga bapak," kata akun Reza Alif Vianto. 

"Patut ditiru, jangan hanya pamer saja, koar-koar punya ini punya ono, inilah orang yang baik tidak banyak omong langsung bangun jalan umum selamat ya Bos," kata akun Rumi rumi. 

"Asiiik kalo ke Pasar Jetis wis mantap jalurnya," kata akun Ali NurH.

Related

News 6750767868871456968

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item