Hasil Penelitian: Orang yang Suka Posting Kutipan Inspiratif Cenderung Bodoh


Mantengin beranda Facebook ibarat melatih mental dan kesabaran. Kadang Facebook menjadi pengingat bahwa pada satu titik hidup, kita kurang ahli menilai karakter seseorang, dan akhirnya berteman dengan banyak individu yang kurang cerdas. 

Tentu saja, Facebook tidak selalu seburuk ini. Ketanggor orang-orang dungu di jejaring sosial begini tak terjadi setiap hari, kan. Eh, atau malah pengalamanmu tiap buka Facebook selalu begitu?

Kadang ketika sedang scroll di halaman profile kawan SMP dulu, kita tertawa terbahak-bahak melihat meme-meme lucu, terenyuh melihat foto-foto anjing imut, atau terhibur sama postingan era 90'an yang penuh nostalgia. 

Namun ada satu lagi jenis postingan yang tidak pernah luput muncul di linimasa media sosial. Yakni posting kutipan inspiratif tentang kehidupan. Contohnya temanmu yang posting kata-kata mutiara kayak gini: "Kejujuran itu mahal, jangan berharap kepada manusia murahan — oleh si anu."

Berdasarkan penelitian dari University of Waterloo, orang-orang yang hobi mengunggah kutipan inspiratif sesungguhnya punya tingkat kecerdasan rendah. Makalah ini bertajuk "Perihal Omong Kosong Sok Dalam". 

Tim penulisnya, dipimpin kandidat Ph.D Gordon Pennycook bersama empat peneliti lain, menyatakan ada hubungan antara tingkat IQ rendah dengan sifat seseorang yang mudah terkagum-kagum sama kutipan inspiratif yang terlihat 'bermakna mendalam'.

Para peneliti menggunakan situs sebpearce.com yang mampu mengeluarkan pernyataan acak terdengar 'penuh makna' semacam, "Hidup adalah oase dari keyakinan mawas diri," atau, "Ilmu pengetahuan mengatakan esensi dari alam adalah bimbingan."

"Saya gak sengaja nemu situs ini dan penasaran apakah sudah ada penelitian yang dilakukan berdasarkan situs tersebut. Saya ingin tahu apabila orang menganggap pernyataan-pernyataan ngasal tersebut punya makna mendalam," kata Pennycook. 

"Seringkali saya melihat kutipan [di beranda Facebook] yang tidak sengawur contoh-contoh itu, tapi banyak yang bernada motivasional... biasanya ada kutipan dan foto seseorang yang tidak jelas kapan mengatakan kutipan yang dimaksud."

Dalam penelitian ini, nyaris 300 responden diminta membaca berbagai kutipan, termasuk yang sebetulnya "omong kosong" dibuat-buat. Mereka diminta menilai seberapa 'bermakna' kutipan-kutipan tersebut dalam skala satu sampai lima. 

Skala jawaban menentukan klasifikasi kalimat-kalimat inspiratif itu sebagai 'penuh makna', omong kosong, atau 'membosankan'. Peserta tes ini juga diminta mengukur kemampuan kognitif dan kepribadian masing-masing.

Salah satu contoh pernyataan yang diberikan ke setiap peserta kayak gini: "Makna tersembunyi mentransformasi kecantikan abstrak tanpa tandingan."

Mereka yang tidak dapat mendeteksi omong kosong dan mengklasifikasikan pernyataan 'sok dalem' dari kalimat di atas sebagai penuh makna, cenderung jatuh dalam kategori pribadi berintelegensi lebih rendah. Kesimpulan itu dibandingkan hasil uji kognitif. 

Penelitian ini menyimpulkan mereka yang gemar sama kalimat inspiratif cenderung enggan melakukan pemikiran reflektif, dan lebih mempercayai teori konspirasi atau takhayul.

Dengan kata lain, orang-orang macam ini, kata filsuf Friedrich Nietzche, "Terkunci dalam kabinet kaca refleksi pikiran."

Related

Psychology 770661402302119915

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item