Kisah 6 Artis dengan Masa Tua Prihatin, Ada yang Tinggal di Gubuk (Bagian 1)


Roda kehidupan terus berputar seiring perkembangan zaman. Ada kalanya berda di atas dan beberapa saat kemudian berada di posisi terendah hidup mereka.

Itulah takdir sang maha kuasa yang tak pernah kita ketahui. Peristiwa atau pengalaman ini bisa terjadi di siapa pun, tidak hanya masyarakat biasa tapi kalangan selebritis Indonesia.

Banyak dari pesohor Tanah Air yang dulu hidupnya dipuja-puja saat di masa keemasannya tapi di masa tuanya mereka hidup memprihatinkan. Bahkan namanya tak lagi terdengar di panggung hiburan tanah air seiring munculnya pemain-pemain baru.

Nah siapa saja artis yang di masa keemasannya dieluhkan dan hidup di masa tua sampai akhir hayat mereka memprihatinkan? 

1. Laila Sari

Kalian pasti mengenal sosok Laila Sari. Nenek yang memiliki suara rock melengking itu tutup usia di kala umurnya menginjak 82 tahun. Dibalik sosok kocak dan energiknya, Laila Sari menyimpang kehidupan yang berbeda dari gemerlap panggung hiburan.

Nenek Laila harus terus berjuang menjadi tulang punggung keluarga diusia senjanya. Bahkan sebelum meninggal ia baru saja syuting di salah satu stasiun televisi. Karena hal itu yang bisa dilakukan untuk menyambung hidupnya.

Untuk makan sehari-hari, Laila harus menerima belasan kasih dari tetangga sekitar. Untuk makan dia memang begitu kesulitan bahkan dia rela kelaparan karena Laila Sari hanya mengandalkan penghasilannya dari syuting.

Tak hanya itu, untuk merenovasi kamar mandi di rumah di Kawasan di Jalan Bdila 1, No. 1, RT 003 RW 004, Tangkiwood, Mangga Besar, Jakarta Barat, Laila Sari tak mampu.

"Pas akhir-akhir sebelum meninggal. Dia cuma punya niat ingin punya uang buat memperbaiki ruang belakang yang bocor. Kamar mandinya kan ga bisa digunakan," ujar Dani, keponakan Laila Sari, saat di TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat.

2. Ken Ken, Pendekar Wiro Sableng 212

Ken Ken pemeran Pendekar Wiro Sableng 212© Ken Ken pemeran Pendekar Wiro Sableng 212

Siapa tak kenal dengan tokoh jagoan fiksi, Wiro Sableng? Tenar di tahun 90-an, nama Ken Ken melambung saat memerankan serial Wiro Sableng 212. Namun itu semua tak berlangsung lama. Tak lagi aktif di dunia huburan, Ken Ken mengalami kesulitan ekonomi akibat terjerumus narkoba.

Pundi-pundi kekayaannya di karirnya yang berlimang harta saat menjadi salah satu aktor laga saat itu seketika ludes, tidak berbekas Harta si 'Wiro Sableng' perlahan terkikis habis untuk membeli barang haram tersebut.

Pemilik nama lengkap Herning Sukendro itu tak lagi hidup mewah seperti saat roda kehidupan berpihak kepadanya. Tak lagi tampil di layar kaca, Ken memilih berprofesi sebagai petani dan tinggal di dusun di wilayah Cimande, Caringin, Bogor, Jawa Barat.

3. Pemeran Om Jin di Sinetron Jin dan Jun

Artis lain yang mengalami nasib seperti Laila Sari ada pemeran Om Jin di sinetron Jin dan Jun. Pria itu bernama M Amin. Setelah sempat merasakan kesuksesan berkat sinetron Jin dan Jun, Amin menjalani hidup yang memilukan di penghujung karirnya.

Usai membintangi Jin dan Jun, pria keturunan Pakistan ini menghabiskan sisa hidupnya di sebuah rumah yang berada di lingkungan padat Rawa Belong, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Kehidupannya sungguh miris. Untuk makan sehari-hari, Amin hanya menerima bantuan dari tetangga. Tak jarang dia berutang ke warung yang berada tak jauh dari rumahnya. Sampai akhirnya pada 2013, Om Jin meninggal.

"Oh, dia mah tinggal di sini pas sudah ga main jadi Om Jin lagi. Pas dia meninggal, rumahnya juga sudah dijual," kata tetangga Amin, Aas.

Baca lanjutannya: Kisah 6 Artis dengan Masa Tua Prihatin, Ada yang Tinggal di Gubuk (Bagian 2)

Related

Celebrity 3099403070537115288

Recent

item