Kisah 6 Artis dengan Masa Tua Prihatin, Ada yang Tinggal di Gubuk (Bagian 2)


Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Kisah 6 Artis dengan Masa Tua Prihatin, Ada yang Tinggal di Gubuk - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan urutan lebih lengkap, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

4. Pemeran Kentung di Tuyul dan Mbak Yul

Di era 90-an pasti kamu tak asing lagi dengan sinetron Tuyul dan Mbak Yul bukan. Selain tokoh utamanya, Ucil, yang diperankan Ony Syahrial, sinetron ini juga melambung nama seorang pria tambun bernama Bambang Triyono.

Buat yang tak tahu, dialah pemeran Kentung dalam sinetron tersebut.

Tersohor lewat sinetron tersebut, nama Bambang Triyono perlahan-lahan meredup. Tergerus pamain baru. Namanya kian tak berbekas.

Dari informsi yang didapatkan Kentung hanya hidup dalam sebuah rumah kos yang sempit dengan peralatan seadanya di Kawasan Ngangkruk, Sardonoharjo, Sleman, Yogyakarta.

Kondisinya pun semakin menyedihkan sejak dia digugat cerai istrinya dan ditinggal anaknya. Bambang frustasi dan terpuruk. Si Kentung bahkan hidup menggelandang demi memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sampai akhirnya ditempatkan di rumah kos-kosan tersebut.

"Ketika seseorang sudah terpuruk seperti dia, ibarat sampah, jangankan ditolong, semisal ketemu di jalan, menoleh pun tidak. Diusir dari satu tempat ke tempat lain, akhirnya dia ditemukan kader lansia dan ditempatkan di kost sederhana ini. Makan apa adanya, kalaupun sehari hanya bisa masuk tiga sendok nasi, itu sudah alhamdulillah," kata Feri.

Penderitan Kentung tak sampai disitu, pada 2010, dia divonis penyakit Stroke. Tidak bisa beraktivitas selain diatas tempat tidurnya. Karena kondisinya makin buruk, akhirnya Bambang menghembuskan nafas terakhirnya pada Februari 2015.

5. Pak Raden

Pak Raden, begitu orang mengenal sosoknya. Tak banyak yang tahu jika sosok yang identik dengan blankon, beskap, dan tongkat ini bernama asli Drs Suyudi. Di tanganya, lahir tokoh boneka paling fenomenal. Namanya Pak Raden. Si kakek pemarah di film Unyil. Tak dinyana, kehidupan masa tua dilalui penuh perjuangan.

Suyudi memilih tidak menikah sepanjang hidupnya. Hanya tinggal bersama dua asisten di rumah sederhana di Jalan Petamburan III No 27, Jakarta Barat.

Terdapat dua kursi reyot, radio kaset, boneka dari karakter Unyil yang sudah lusuh di rumahnya. Tampak juga tumpukan lukisan karyanya. Ada yang tertulis " dijual" , ada juga yang disimpannya.

Sebagai seniman sejati, hidup Pak Raden memang didedikasikan seluruhnya untuk seni. Bahkan dari karakter yang diciptakannya " Si Unyil" , sang maestro tak mendapat royalti satu sen pun. Untuk bertahan hidup, Suyudi hanya menjual hasil lukisannya.

Pernah juga ia 'mengamen' dengan berdongeng dan bernyanyi demi bisa mendapatkan uang sekedar untuk makan. Kebutuhan listrik seringkali mendapat bantuan dari tetangga dan kerabat. Segala barang-barang berharga yang dimiliki telah dijualnya demi bertahan hidup.

Saat tahu kondisi Pak Raden yang sakit dan tak mendapat royalti, banyak masyarakat ikut menggalang dana untuk membantunya pada 2015. Ia bahkan mendapat rumah dari sebuah program televisi agar bisa hidup lebih layak.

Belum sempat menjalani pengobatan menyeluruh dan menempati rumah barunya, Pak Raden dipanggil Allah SWT. Beliau meninggal dunia dalam usia 82 tahun pada 30 Oktober 2015 karena infeksi paru-paru.

6. Enun Tile (Engkong si Doel)

Enun Tile dikenal publik lewat perannya di sinetron si Doel Anak Sekolahan. Ia juga dikenal sebagai seniman yang selalu berjuang memperkenalkan budaya Betawi melalui layar televisi.

Namun di masa tua ia jatuh miskin dan harus rela hidup di gubuk kayu yang berada di pinggir sungai. Rumah sederhana yang ia tinggali bersama istri dan anaknya itu disewa disewa sebesar Rp 50 ribu per bulan.

Selain itu, di masa tua Enun Tile harus menghidupi istri dan delapan anaknya.

Related

Celebrity 3747918861796534632

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item