5 Cara Hidup Makin Bahagia Tanpa Mencari Validasi Orang Lain

5 Cara Hidup Makin Bahagia Tanpa Mencari Validasi Orang Lain

Naluri alami manusia adalah ingin mendapat pengakuan dari orang lain. Pengakuan inilah yang kerap dikenal dengan istilah validasi. Setiap individu memiliki motivasi sendiri-sendiri yang melatarbelakangi mengapa ia ingin mendapat validasi dari orang lain. Namun, terlalu sering mencari validasi dari orang lain malah akan membelenggu diri kita sendiri.

Pasalnya, kita tak akan pernah benar-benar bahagia karena terus menerus ingin terlihat baik di mata orang lain. Nah, agar hidupmu makin bahagia, beberapa cara berikut bisa membantumu untuk berhenti mencari validasi dari orang lain. 

1. Mulai mencintai diri sendiri

Dibanding sibuk mencari validasi orang lain ke sana kemari, lebih baik manfaatkan waktumu dengan cara mulai mencintai diri sendiri. 

Saat kamu telah berhasil mencintai diri sendiri, kamu akan lebih menghargai dirimu, kamu tak akan lagi menginginkan pengakuan dari orang lain. Karena kamu sadar apa yang kamu lakukan memang untuk kebaikanmu sendiri, bukan untuk mendapat validasi orang lain.

2. Rehat sejenak dari media sosial

Biasanya, mencari validasi orang lain paling mudah dilakukan lewat media sosial. Ingin terlihat pintar, kaya, rajin dan sebagainya, selalu dipamerkan secara terselubung lewat platform ini. Bila kamu tengah mengalami hal ini, ada baiknya untuk rehat sejenak dari media sosial.

Perbanyaklah interaksi dengan orang-orang di sekitarmu, dan berhenti mencari validasi dari siapa pun. Jika kamu benar-benar mampu dan layak untuk hal tersebut, tanpa validasi orang juga akan tahu.

3. Mengubah pola pikir

Ubahlah pola pikirmu agar tak melulu berorientasi agar mendapat validasi orang lain. Dengan atau tanpa validasi dari mereka, kamu tetap sama berharga. Validasi dari mereka juga tak menjamin kebahagiaanmu.

Karena kebahagiaanmu bergantung dari diri kamu sendiri, tak perlu menunggu pengakuan orang lain. 

4. Menerapkan self validation

Daripada bingung mencari validasi dari orang lain, mengapa tak melakukan self validation atau validasi terhadap diri sendiri saja? Dirimu sendiri perlu kamu validasi terlebih dahulu. Dengan melakukan hal ini, validasi dari orang lain akan terasa tak penting lagi.

Karena kamu tahu betul bahwa apa yang kamu lakukan memang kamu lakukan untuk dirimu sendiri. Self validation juga merupakan salah satu bentuk apresiasi terhadap diri sendiri.

5. Membiarkan hidup mengalir apa adanya

Sibuk mengais validasi dari orang lain hanya akan membuatmu makin tersiksa. Setiap hari kamu akan dituntut untuk membuktikan pada mereka apa yang kamu bisa. Namun, agar hidup semakin waras, ada baiknya untuk berhenti melakukan hal ini, dan membiarkan hidup mengalir apa adanya. 

Bukan berarti kamu tak ber-progress. Tentu saja kamu tetap terus ber-progress setiap hari, hanya saja pada pelaksanaannya kamu jadi lebih santai.

Related

Psychology 4996850817251099513

Recent

item