Apakah Mesin Waktu Mungkin Diciptakan?

Apakah Mesin Waktu Mungkin Diciptakan?

Ada yang sudah pernah nonton film Source Code yang dibintangi Jake Gyllenhaal? Atau mungkin film Predestination?

Kedua film itu berkisah dengan latar belakang yang sama, yaitu mesin waktu. Selain dua film itu, masih banyak film lain yang berusaha menguak dan menerangkan keberadaan mesin waktu di dunia.

Apakah mesin waktu mungkin diciptakan? Akankah kita bisa melakukan perjalanan ke masa lalu dan juga masa depan? 

Perjalanan waktu adalah konsep berjalan maju atau mundur ke titik berbeda dalam waktu, mirip seperti kita bergerak dalam ruang.

Manusia nyatanya selalu berjalan dalam waktu; dalam cara segaris, dari waktu sekarang ke masa depan, per satuan waktu, sampai kematiannya. 

Beberapa teori, yang paling terkenal adalah relavitas khusus dan umum, menyarankan bahwa geometri yang tepat dari ruang waktu atau beberapa jenis gerakan dalam ruang dapat memungkinkan kita berjalan ke masa lampau dan masa depan, bila geometri atau gerakan ini memungkinkan. 

Telah dipastikan bahwa efek relativitas dan gravitasional dilasi waktu dapat menyebabkan sebuah perjalanan untuk mulai dan kembali di titik awal yang tetap diam, untuk tiba pada waktu yang lebih jauh ke masa depan.

Stephen Hawking pernah tidak percaya penjelajahan waktu. Namun pemikirannya kemudian berbalik 180 derajat. Menjelang akhir masa hidupnya, Hawking menulis buku terakhir yang di dalamnya ada pembahasan mengenai penjelajah waktu.

Hawking menulis bahwa masih ada harapan bahwa perjalanan kembali ke masa lalu dapat dilakukan sesuai dengan hukum alam semesta. 

Dia mematok gagasan ini pada Teori M. Teori ini memperkirakan alam semesta mungkin berisi tujuh dimensi tersembunyi di samping empat dimensi ruang-waktu yang sudah kita kenal saat ini.

Related

Technology 8934434053324059717

Recent

item