Apakah Minum Air Kencing Benar Bisa Menyehatkan? Ini Tanggapan Dokter

Apakah Minum Air Kencing Benar Bisa Menyehatkan? Ini Tanggapan Dokter

Terapi minum urine merupakan salah satu metode pengobatan dan perawatan diri yang tidak biasa. Mendengarnya saja tentu terdengar menjijikkan.

Kendati demikian, beberapa penemuan menunjukkan bahwa terapi urine banyak dipraktikkan di negara-negara Afrika. Serta banyak ditemukan di negara-negara Asia seperti China, Mesir, dan India.

Masyarakat zaman kuno percaya bahwa air seni mengandung berbagai khasiat yang menyehatkan dan mampu mengobati berbagai penyakit.

Terapi itu kembali heboh, setelah seorang pria asal Inggris mengaku meminum urine-nya sendiri untuk membantunya lebih sehat dan menyembuhkan kecemasan dan depresi. Meminum urine juga disebut membuatnya lebih awet muda.

Pria bernama Harry Matadeen ini mengatakan, dulu mengidap depresi dan kecemasan sosial yang parah. Namun setelah rutin meminum urine, pria itu mengklaim kondisi mentalnya berangsur pulih.

"Sejak saya meminum air kencing, itu membangunkan otak saya dan menghilangkan depresi saya. Saya merasakan kedamaian, ketenangan, dan tekad yang baru," katanya seperti dikutip dari NYPost.

Matadeen menyebut menghabiskan 200 mililiter air kencing setiap hari.

"Urine segar tidak pernah seburuk yang Anda bayangkan, berbau netral, dan tidak terasa buruk, kecuali jika tubuh Anda benar-benar beracun," ujarnya.

Tentu saja ahli kesehatan memperingatkan, tidak ada bukti bahwa urophagia, rutinitas meminum air seni, memiliki manfaat apa pun. Mereka mengatakan praktik itu - yang diperkirakan berasal dari Mesir kuno - mempercepat dehidrasi dan membuat peminum terpapar bakteri.

Dokter memperingatkan, minum air seni dapat menyebabkan mual, muntah, diare, dan menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit yang mempercepat dehidrasi.

Related

News 547634928358297453

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item