Caligula, Kaisar Romawi Paling Sinting Sepanjang Masa

Caligula, Kaisar Romawi Paling Sinting Sepanjang Masa

Caligula, yang dijuluki kaisar gila, mampu melakukan kegilaan dengan bantuan ratusan ribu pasukan dan pejabat Romawi yang waras tapi dipaksa ikut gila. Berikut ini daftar kegilaannya:

Mendeklarasikan perang kepada dewa Poseidon. Dia menginstruksikan seluruh armada kapalnya untuk menyisir lautan sambil para kru kapal melempari lautan dengan tombak.

Kembali lagi mendeklarasikan perang dengan dewa Poseidon, namun kali ini hanya dengan membawa kurang dari 10 pasukan. Caligula hanya mencambuk ombak, lalu mengumpulkan cangkang kerang sebagai rampasan perang.

Suatu waktu, saat kaisar sakit. Ada rakyatnya (sepasang suami istri) yang mendoakan kaisar dengan doa, "Kami rela menyerahkan nyawa kami demi kesehatan Kaisar." Saat sang kaisar sembuh, bukannya dapat hadiah tapi mereka berdua justru dieksekusi dengan alasan, "karena Kaisar sudah sembuh, maka kalian harus menyerahkan nyawa agar kesehatan Kaisar tidak diambil dewa kembali."
 
Memerintahkan agar kuda peliharaannya sebagai senator/anggota parlemen. Ia juga memerintahkan agar kuda itu tiap hari diberi makan gandum yang dicampur serbuk emas.

Menjarah makam Alexander the Great, dan memakai tulangnya sebagai aksesoris.

Di upacara persembahan, seorang pendeta memberi kapak kepada Caligula untuk membunuh banteng sesajen. Tapi Caligula malah membunuh pendetanya.

Memerintahkan seluruh armada kapal Romawi, baik angkatan laut maupun kapal dagang, dideretkan untuk jadi jembatan agar kaisar bisa naik kuda menuju pulau di seberang.

Related

History 4431378061334929002

Recent

item