Cara Membangun Kebiasaan Baru dan Menjaga Daya Tahan Mengejar Impian

Cara Membangun Kebiasaan Baru dan Menjaga Daya Tahan Mengejar Impian

Dalam karya masterpiece yang menjadi best seller, berjudul Grit: The Power of Passion and Perseverance, Profesor Angela Duckworth (pakar psikologi terapan dari University of Pennsylvania) mendefenisikan grit sebagai “perserverance and passion for long-term goals”. Atau kegigihan dan gairah yang mendalam untuk berjuang meraih tujuan jangka panjang yang menjadi impian.

Sementara resiliency atau daya resiliensi adalah keuletan dan ketangguhan mental untuk mengatasi beragam tantangan dan problem kehidupan, sehingga pada akhirnya bisa mewujudkan harapan yang menjadi impian.

Grit dan daya resiliensi merujuk pada kecakapan yang identik. Yakni keuletan, daya juang, kegigihan, dan ketangguhan mental untuk mengejar tujuan jangka panjang yang kita impikan.

Lalu, jika memang grit dan daya resiliensi merupakan hal yang krusial untuk sukses, lalu bagaimana cara praktikal untuk bisa menumbuhkannya dalam diri kita? Langkah-langkah aplikatif apa yang layak dilakoni demi mekarnya kekuatan grit dan daya resiliensi dalam jiwa kita?

Studi-studi saintifik dalam the science of grit menemukan adanya 1 strategi praktikal yang layak dijalani, jika kita memang ingin benar-benar membangun kekuatan grit dan daya resiliensi dalam jiwa kita. Mari kita bedah dengan tuntas.

Tumbuhkan Otot Grit dengan Grit Exercise

Prinsip kerja kekuatan grit dan daya resiliensi dalam diri kita ternyata mirip otot atau muscle. Jika Anda sering latihan angkat beban atau sit up misalnya, otot perut Anda akan pelan-pelan mekar dan membentuk six packs. Sebaliknya, kalau Anda sama sekali tidak pernah olahraga, otot perut Anda akan nggelambir dan tidak mengembang jadi kekar.

Ternyata otot grit punya cara kerja yang sama. Kekuatan otot grit dan resiliensi kita akan loyo jika kita tidak pernah melatihnya. Sebaliknya, otot grit akan mekar dan perkasa, jika kita rutin melatihnya.

Bagaimana cara melatih kekuatan otot grit agar makin mekar dan mengembang? Caranya dengan menjalankan serangkaian latihan grit (grit exercise), mulai dari skala yang kecil dan mudah dilakukan.

Grit exercise dimulai dengan menentukan personal goal yang ingin Anda lakukan dalam beberapa waktu ke depan.

Beberapa sampel personal goal misalnya adalah:
  • Mulai membaca buku minimal 15 menit tiap malam.
  • Minum air mineral minimal 8 gelas per hari.
  • Menulis laporan kerja selama 1 jam tiap jam 11 sampai jam 12.
  • Mulai olahraga jalan kaki selama 5 menit tiap pagi.
  • Mematikan hape setiap jam 8 malam.
  • Mulai tidur jam 9 malam dan bangun tidur pagi hari.
  • Menuliskan 3 hal penting yang akan dikerjakan di hari itu, dan menuliskannya tiap pagi sebelum memulai kerja.
  • Makan buah minimal 3 setiap harinya.
  • Dan lain-lain.

Sampel di atas hanyalah beberapa contoh personal goal yang bisa dilakukan. Tentu saja Anda bisa menentukan personal goal lain yang lebih relevan dengan kehidupan Anda.  

Yang paling penting dari penyusunan personal goal adalah isinya spesifik, cakupannya kecil dan cukup mudah dilakukan, bisa dilakukan secara berulang (bersifat rutin), dan ada jadwal pelaksanaannya secara cukup jelas (kapan akan dilakukan, dan berapa kali akan dilakukan dalam seminggu).

Jika sampel di atas terasa masih berat dilakukan, Anda bisa menentukan skala personal goal yang lebih kecil dan mudah dilakukan.

Misal kalau membaca buku tiap malam selama 15 menit masih berat, maka turunkan skalanya jadi hanya 5 menit. Tidak masalah durasinya sangat pendek. Yang penting bisa mulai dilakukan.

Atau jika merasa jalan kaki 5 menit tiap hari cukup sulit dilakukan, maka ubah skalanya jadi hanya seminggu dua kali.

Contoh lain, jika goal minum air mineral 8 gelas per hari terasa sulit, maka turunkan skalanya jadi hanya 4 gelas saja atau separonya.

Poinnya adalah, personal goal yang Anda susun harus mudah dilakukan, dan Anda bisa bisa melakukannya tanpa harus mengeluarkan upaya (effort) yang terlalu berat.

Grit exercise dengan skala kecil seperti di atas, jika berhasil dilakukan secara berulang, ternyata sangat ampuh manfaatnya bagi penguatan otot grit dan daya resiliensi kita.  

Studi-studi ilmiah menunjukkan, sukses menjalankan personal goal dengan skala kecil (small personal goals) secara rutin, pelan-pelan ternyata sangat efektif dalam  mengembangkan otot grit Anda.

Ibaratnya, pelaksanaan personal goal tersebut jadi sarana latihan bagi Anda untuk menguatkan otot grit dan daya resiliensi Anda.

Saat Anda pelan-pelan bisa memulai dan menjalankan personal goal dalam skala yang kecil dan mudah dilakukan, maka secara gradual otot grit Anda dilatih untuk mengembang.

Lalu, saat Anda bisa melakukan personal goal itu dengan rutin, maka otot grit Anda akan pelahan terus mengembang – layaknya otot six packs bagi orang yang rajin nge-gym.

Karena itulah, jika Anda memang ingin menguatkan otot kekuatan grit dan daya resiliensi Anda, maka Anda selayaknya memulai melakukan grit exercise. Awali dengan menetapkan personal goal yang simpel dan mudah dilakukan. 

Pelan-pelan, jika Anda sudah bisa menjalaninya, maka jalankan personal goal itu dengan rutin. Jika Anda terus melakukannya secara rutin, maka persis dalam proses itulah kekuatan otot grit dan daya resiliensi Anda dilatih untuk makin mengembang dan mekar.

Kunci grit exercise adalah sukses melaksanakan personal goal yang kecil dan mudah dilakukan, namun dilakukan secara rutin. Metode ini berdasar sains, ternyata mampu memberikan efek besar yang sangat dramatis bagi penguatan otot grit dan daya resiliensi Anda.

Related

Inspiration 6174152803799484369

Recent

item