Ide Bisnis Menarik: Membuka Kursus Menggambar Komik

Ide Bisnis Menarik: Membuka Kursus Menggambar Komik

Les menggambar komik atau manga barangkali tidak lebih populer dibandingkan les-les lain seperti les musik, les komputer, dan les bahasa Inggris. Namun bukan berarti peminatnya jarang, lho. Banyak sekali di antara kita yang memiliki minat dan bakat di bidang pop-culture, namun merasa seperti kekurangan ruang.

Padahal dunia komik dekat sekali dengan generasi digital. Terbukti maraknya platform komik digital macam Webtoon, Re:ON, Ciayo, dan BumiLangit. Tak heran jika di antara generasi ini banyak yang bercita-cita menjadi comic artist profesional sebagai "jalan ninjanya" tapi tidak tahu dari mana harus memulai.

Dengan demikian kehadiran comic class—yang kelak dapat dikembangkan lagi menjadi studio komik, ilustrasi, penerbitan cetak dan digital, hingga aplikasi online, dalam satu platform terintegrasi—kiranya dapat memfasilitasi lahirnya pelaku-pelaku industri kreatif berbasis komunitas, khususnya di bidang komik.

Related

Business 1144206303295719036

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item