Orangtua Perlu Tahu, Ini Perbedaan Hepatitis Akut Misterius dan Hepatitis Biasa


Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi, membeberkan sejumlah perbedaan hepatitis akut dan biasa.

Menurut Nadia, gejala hepatitis akut bisa memburuk dalam waktu cepat, yakni sekitar dua hingga lima hari. Anak yang terpapar hepatitis akut kemudian tidak sadar. Bahkan, mereka sempat mengalami kejang-kejang. Sementara itu, gejala seperti kejang tidak ditemukan dalam kasus hepatitis pada umumnya. 

Nadia mengatakan hepatitis akut menyerang pasien usia 1 tahun-17 tahun. Berdasarkan pemeriksaan yang dilakukan Kemenkes, setidaknya terdapat sejumlah gejala hepatitis akut.

Gejala tersebut antara lain mual, diare, dan muntah. Gejala mual dan muntah yang terjadi secara berulang bisa membuat pasien kehilangan cairan. Karena gejala tersebut, asupan air bagi pasien hepatitis akut harus cukup.

Selain itu, sejumlah pasien juga dilaporkan mengalami demam ringan, nafsu makan menurun, dan nyeri sendi. Gejala lain yang perlu diwaspadai adalah urine berwarna kuning pekat hingga gelap serta feses berwarna pucat.

Kemudian, gejala penyakit kuning, seperti munculnya bagian mata atau kulit yang menguning, juga menjadi gejala hepatitis misterius ini.

Tujuh provinsi yang melaporkan temuan dugaan kasus hepatitis misterius di antaranya adalah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kepulauan Bangka Belitung dan Kalimantan Timur.

Rincian usia pasien dari 18 kasus suspek hepatitis tersebut, yakni 0-4 tahun sebanyak 4 orang. Usia 5-9 tahun sebanyak 6 orang, dan masing-masing 4 kasus pada usia 10-14 dan 15-20 tahun. Sementara 7 kasus discarded dilaporkan karena pasien memiliki penyakit lain.

Rinciannya masing-masing 1 orang terpapar Hepatitis A, 1 orang terpapar Hepatitis B, 1 orang Tifoid, 2 orang terjangkit DBD, dan 2 pasien berusia lebih dari 16 tahun.

Related

Health 7104358691499763916

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item