Sejarah Polisi Tidur, Gundukan di Jalan yang Memperlambat Kendaraan

Sejarah Polisi Tidur, Gundukan di Jalan yang Memperlambat Kendaraan

Polisi tidur banyak tersebar di jalanan, mulai dari jalan kompleks pemukiman hingga jalan raya. Biasanya, polisi tidur diposisikan melintang di tengah jalan, sebagai penanda agar pengemudi memperlambat laju motor ataa mobil mereka.

Tapi kenapa disebut polisi tidur, dan dari mana istilah ini muncul? Karena di luar negeri, istilah tersebut dikenal dengan nama speedbump atau speedtrap. Berikut ini sejarahnya.

Telah tercatat di Kamus Idiom Bahasa Indonesia sejak 1984

Istilah polisi tidur diyakini berasal dari Bahasa Inggris, yaitu Sleeping Policeman. Namun hingga kini, belum ditemukan siapa yang menggagas istilah polisi tidur.

Baru sejak 1984, istilah polisi tidur dicatat di Kamus Idiom Bahasa Indonesia oleh Abdul Chaer, dan diberi makna sebagai "rintangan untuk menghambat kecepatan kendaraan". Rintangan yang dimaksud berupa permukaan jalan yang telah ditinggikan konturnya.

Kata polisi tidur masuk KBBI pada 2001

Walau begitu, kata polisi tidur belum terdaftar dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) edisi pertama pada 1988 dan edisi kedua 1991. 

Kata polisi tidur mulai diakui dalam KBBI edisi ketiga pada 2001, dan diberi makna sebagai "bagian permukaan jalan yang ditinggikan secara melintang untuk menghambat laju kendaraan.”

Masih banyak polisi tidur tidak sesuai ketentuan

Hingga saat ini masih banyak polisi tidur yang tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Ketentuan ini termuat dalam Keputusan Menteri Perhubungan No. 3 Tahun 1994 yang mengatur Alat Pengendali dan Pengaman Pemakai Jalan memiliki sudut kemiringan 15 persen, dan tinggi maksimum tidak lebih dari 120 mm.

Jika kita menengok di berbagai ruas jalan di perumahan atau pedesaan, masih banyak polisi tidur yang dibuat seenaknya menggunakan karet ban bekas, balok kayu, atau pelepah pisang.

Related

Automotive 3091104630475528803

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item