Tak Sempurna, Ini 4 Kelemahan Film Marvel yang Sering Terulang

Tak Sempurna, Ini 4 Kelemahan Film Marvel yang Sering Terulang

Kita sudah sering membahas keunggulan film Marvel. Agar berimbang, mari kita bahas juga kelemahan film Marvel.

Tentu saja tidak ada yang sempurna, sehingga film Marvel juga punya beberapa kelemahan yang akan kita bahas di sini. Apa saja? 

1. Kebanyakan film punya plot yang serupa

Terutama di film origin atau film pertama dari karakter tunggal milik beberapa karakter, ceritanya bisa dibilang repetitif atau pengulangan plot.

Garis besar yang paling terasa adalah sang pahlawan utama memiliki kekuatan atau kemampuan tertentu, dan lawannya juga memiliki kekuatan atau kemampuan tertentu dari sumber atau asal yang sama.

Misalkan Iron Man vs Iron Monger dengan Arc Reactor yang sama, Captain America vs Red Skull dengan serum serupa, Ant-Man vs Yellowjacket dengan teknologi yang sama, atau Black Widow vs "Black Widow" lain yang berasal dari fasilitas yang sama, Red Room.

2. Peletakan komedi yang terkadang tidak sesuai dengan situasi adegan

Jika film DC dikenal punya nuansa kelam, film-film Marvel terutama MCU justru dikenal sebaliknya, sangat cerah dan penuh komedi di beberapa film.

Sebenarnya, komedi dari film Marvel bukanlah kelemahan, yang jadi kelemahan justru adalah momen peletakannya yang di beberapa adegan terasa tidak tepat.

Misalkan adegan Bruce Banner yang jatuh sebelum berubah jadi Hulk di Ragnarok, atau saat Rhodey mengomentari "Saus keju?" ke Thor di momen emosional di Endgame, saat siapa yang layak menggunakan Infinity Gauntlet. Itu lucu, tapi waktunya kurang tepat.

3. Kebanyakan film hanya sekadar popcorn movie

Kamu tahu apa yang sering dikomentari oleh beberapa aktor di luar Marvel atau sineas film lain soal film-film MCU? Mereka berkomentar, "Film Marvel bukanlah sinema".

Sebagian besar film Marvel, seperti istilah yang populer di perfilman, yaitu "popcorn movies", atau film yang hanya sekadar seru saja, tanpa ada makna, pesan, atau pengalaman bagi penonton yang bagi sebagian sineas disebut sebagai "sinema".

Beberapa film MCU memang punya pesan dan makna, tapi sebagian lainnya, seperti kata Martin Scorsese, film Marvel hanya taman bermain yang seru saja.

4. Banyak karakter musuh yang tidak ikonik, cenderung mudah dilupakan

Ada beberapa karakter musuh yang sangat menarik dan ikonik di jagat MCU, misalkan Loki, Killmonger, atau Thanos.

Tapi hampir sebagian besar karakter musuh di MCU tidak menarik dan mudah dilupakan, berbanding terbalik dengan sebagian musuh DC yang menjadi keunggulan DC dari Marvel.

Apakah kamu ingat Malekith adalah musuh di Thor: The Darkworld? Atau Kaceilius yang pamornya tertutup kemunculan Dormammu, padahal diperankan Mads Mikkelsen, yang uniknya dulu pernah menolak peran Malekith di Thor 2?

Tentu saja dengan kelemahan yang dimiliki film Marvel, ada juga keunggulannya tersendiri. Kalau menurutmu, bagaimana kelebihan dan kekurangan film Marvel?

Related

Entertainment 4136624049602562933

Recent

item