Tips Dasar Finansial yang Akan Membantumu Menghemat Banyak Uang

Tips Dasar Finansial yang Akan Membantumu Menghemat Banyak Uang

Jangan berutang. Jangan berutang kecuali untuk keadaan darurat. Jangan nyicil rumah, jangan nyicil mobil, jangan gunakan kartu kredit, dan lain-lain. Jika kamu ingin membeli rumah, gunakan uang yang kamu miliki. Jangan berutang untuk alasan apapun.

Tetapkan tujuan untuk meningkatkan jumlah asetmu. Aset itu berupa perumahan, reksadana, saham, dan lain-lain.

Kamu akan kehilangan nilai uangmu jika hanya menabungnya di bank atau deposito. Berinvestasilah dalam instrumen yang memberikan imbal hasil yang lumayan setelah dikurangi inflasi dan pajak.

Jika kamu sering berbelanja secara daring, gunakanlah situs yang memberikan cashback. Cek secara berkala poin hadiah dari kartu debitmu (poin memiliki masa berlaku).

Milikilah dana darurat, sebaiknya disimpan dalam deposito berjangka karena mudah dicairkan. Alternatif lain adalah kamu dapat menyimpan dana darurat pada reksadana.

Asuransi bukanlah investasi. Belilah satu asuransi kesehatan yang mencakup kamu dan keluargamu. Hindari semua jenis asuransi yang menjanjikan tingkat penawaran tinggi setelah beberapa tahun.

Jika kamu ingin berinvestasi pada reksadana, kunjungilah situsnya, daftar dan berinvestasilah sendiri. Jangan melalui perantara. Perantara ini mengenakan biaya komisi, dan untuk jangka panjang akan menguras uangmu.

Keluarkan uangmu hanya untuk barang yang kamu butuhkan. Jangan keluarkan uangmu untuk barang yang kamu inginkan.

Membeli mobil adalah hal terburuk yang dapat kamu lakukan dengan uangmu, kecuali kamu sering bepergian atau kamu seorang miliuner.

Jangan memberikan utang kepada siapa pun (kecuali keluarga intimu).

Tidak ada pekerjaan yang aman. Entah itu di bidang IT, perbankan atau apapun. Otomatisasi perlahan menggantikan pekerjaan. Dunia berubah secara eksponensial. Kita bahkan tidak dapat mengingat jenis ponsel favorit Nokia atau Blackberry kita. Airtel, Paytm, menjadikan perbankan 100% digital. Rupay perlahan-lahan menghancurkan Mastercard dan Visa. Seluruh jagad internet kewalahan karena aplikasi blokir iklan yang simpel. Jadi, selalu miliki keterampilan cadangan.

Simpanlah selalu 20% dari pendapatanmu, apa pun yang terjadi. Anggap saja kamu tidak pernah mendapatkan 20% tersebut dari awal.

Belajarlah tentang perpajakan. Ada banyak cara yang legal untuk mengurangi pajak pendapatanmu. 

Trading sehari-hari itu sangat berisiko. Jika kamu tidak tahu apa pun tentang trading, sebaiknya hindari. Itu bukan untuk semua orang.

Berdonasilah. Sebenarnya ini bukan tip finansial, tetapi jika kamu membantu seseorang yang sedang membutuhkan, suatu hari nanti seseorang akan membantumu ketika kamu membutuhkan. 

Related

Money 423887392866669354

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item