7 Desa Terkaya di Indonesia, Penghasilan Penduduknya Hingga Rp 100 Juta per Bulan

7 Desa Terkaya di Indonesia, Penghasilan Penduduknya Hingga Rp 100 Juta per Bulan

Program Presiden Joko Widodo berupa Transfer ke Daerah dan Desa (TKDD), sejumlah desa di Indonesia berhasil mengembangkan potensi di daerahnya secara maksimal.

Program ini berhasil mengubah desa berpendapatan rendah menjadi desa dengan pendapatan sangat tinggi. Bahkan karena kayannya, deretan desa terkaya di Indonesia ini memiliki pendapatan yang fantastis dan mencapai miliaran rupiah. 

Lantas, mana saja desa terkaya di Indonesia? Berikut ulasannya.

1. Desa Kutuh

Desa Kutuh menjadi desa paling kaya di Indonesia dengan pendapatan mencapai Rp50 miliar. Desa yang berada di Kuta Selatan, Badung, Bali ini termasuk desa yang berhasil dalam mengembangkan potensi pariwisata dan menjadi desa percontohan.

Upaya pengembangan pariwisata di Desa Kutuh bahkan sudah dilakukan sejak 1998, jauh sebelum adanya kebijakan TKDD. Wisata andalan Desa Kutuh seperti Pantai Pandawa, Gunung Payung Cultural Park, dan wisata lainnya yang menyuguhkan budaya di sana.

2. Desa Bendar

Desa Bendar berlokasi di Kecamatan Juwana, Pati. Mayoritas penduduk Desa Bendar bekerja sebagai nelayan dengan penghasilan sekitar Rp80 juta hingga Rp100 juta per bulan.

Maka tak heran jika saat mengunjungi desa ini, kamu akan melihat jejeran rumah-rumah mewah dengan pilar-pilar yang besar.

3. Desa Meranti

Desa terkaya di Indonesia selanjutnya adalah Desa Meranti yang berada di Riau. Desa ini sangat populer dan sering dikunjungi oleh wisatawan mancanegara terutama oleh para peselancar.

Bagi peselancar baik lokal maupun internasional, tentunya sudah tidak asing dengan Ombak Bono. Ombak Bono merupakan gelombang air yang terletak di Sungai Kampar, Riau. Bukan hanya ombaknya, desa ini juga memiliki objek wisata lain seperti kegiatan budaya.

4. Desa Ponggok 

Desa Ponggok merupakan desa yang berada di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Sebelum masuk jajaran desa terkaya, Desa Ponggok dulunya hanyalah sebuah desa terpencil dengan pendapatan sebesar Rp80 juta per tahun. Namun sekarang pendapatan desa mencapai Rp14 miliar per tahun setelah berhasil mengembangkan potensi pariwisatanya.

5. Desa Kasongan

Desa kasongan dikenal sebagai sentra gerabah di Bantul. Gerabah Kasongan ini memiliki sejarah yang panjang dan diperkirakan sudah ada sejak abad ke-17. Gerabah Desa Kasongan bahkan kerap menjadi incaran wisatawan mancanegara. 

6. Desa Waturaka 

Desa Waturaka di NTT merupakan salah satu desa wisata populer, terutama bagi turis asing. Sebagai lokasi wisata, Desa Waturaka menawarkan ekowisata yang menarik. Misalnya Danau Kelimutu yang berada tak jauh dari Desa Waturaka. Desa Waturaka bahkan pernah dinobatkan sebagai desa wisata alam terbaik pada tahun 2017 lalu.

7. Desa Krui

Berlokasi di Kabupaten Barat, Lampung, Desa Krui memiliki ombak besar berskala internasional atau World Class Wave. Daya tarik wisata lainnya di desa ini adalah air terjun, rafting, water tubing, dan masih banyak lagi.

Dengan berbagai daya tarik tersebut, maka tak heran jika Desa Krui selalu ramai dikunjungi wisatawan domestik hingga mancanegara. 

Related

Indonesia 286550542143295973

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item