Kisah Akhir Zaman Menurut 16 Kepercayaan di Dunia (Bagian 2)


Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Kisah Akhir Zaman Menurut 16 Kepercayaan di Dunia - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan urutan lebih lengkap, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

5. Gereja-gereja Protestan

Keyakinan-keyakinan tentang akhir zaman di kalangan Kekristenan Protestan sangat berbeda-beda. Kaum Kristen pra-milenialis yang percaya bahwa akhir zaman sedang terjadi saat ini, biasanya spesifik tentang garis waktu yang berpuncak pada hancurnya dunia. 

Bagi sebagian orang, Israel, Uni Eropa, atau Perserikatan Bangsa-Bangsa, dipandang sebagai pemain-pemain utama yang peranannya telah diramalkan dalam kitab suci.

Di antara para penulis pra-milenial dispensasional, ada orang-orang yang percaya bahwa orang Kristen secara adikodrati akan dikumpulkan ke surga oleh Yesus dalam suatu peristiwa yang disebut Pengangkatan, yang terjadi sebelum "Penderitaan Besar" yang dinubuatkan dalam Matius 24-25; Markus 13 dan Lukas 21. Penderitaan Besar ini juga disebutkan dalam kitab terakhir dalam Alkitab - Kitab Wahyu.

6. Islam Syi'ah 

Mayoritas ulama Syi'ah sepakat akan rincian kejadian-kejadian yang akan terjadi pada hari-hari terakhir:

Dajjal akan mengklaim dirinya sebagai juru selamat umat manusia dan bangsa-bangsa, dari semua agama akan bersatu di bawah agamanya.

Akan terjadi pembunuhan-pembunuhan massal atas umat Syi'ah di Irak (sekitar sungai Eufrat), dan untuk kepala mereka akan disediakan hadiah uang, meskipun mereka bukan penjahat.

Akan terjadi pemberontakan oleh seorang "Yamani" yang akan dikalahkan dalam usahanya itu

Imam Mahdi akan muncul kembali dan menyampaikan khutbahnya di Kakbah, dan akan mengumpulkan pasukan dengan 313 jenderal dan ribuan pengikut untuk mengalahkan Dajjal.

Seseorang bernama "Sufyani" (agamanya tidak disebutkan, meskipun ia adalah keturunan dari dinasti Ummayyah yang telah berantakan yang keturunannya menyebar kemungkinan di Levant dan Spanyol atau Marokko selama 12 abad terakhir) akan memimpin pasukan-pasukan dari Suriah melintasi Irak ke Arabia, untuk mengalahkan pasukan-pasukan Mahdi bersama sekutu-sekutunya.

Imam Mahdi akan mendirikan kembali Islam yang sejati, dan dunia akan menemukan perdamaian dan ketenangan. Imam Mahdi akan berkuasa untuk suatu masa.

Kebangkitan manusia akan dimulai, sementara Hari Penghakiman akan dimulai.

7. Islam Sunni

Sebelum tanda-tanda besar yang disebutkan ini, semua tanda kecil harus terjadi dan di antaranya adalah:

Munculnya Nabi Muhammad dan wafatnya (sudah terjadi, kelahiran Muhammad sendiri dipahami sebagai tanda dari hari penghakiman.)

Waktu akan berlalu lebih cepat.

Perang dan pembunuhan menjadi lazim di antara manusia.

Merebaknya pencurian, penipuan dan skandal di antara manusia.

Merebaknya perzinahan.

Munculnya bangunan-bangunan besar.

Popularitas minuman beralkohol di antara manusia, hingga namanya diubah, misalnya: bir, anggur, jenever dan seterusnya.

Padang gurun Arab berubah menjadi hijau.

Bangunan-bangunan yang lebih tinggi daripada gunung-gunung di Mekkah dibangun di Mekkah.

Tanda-tanda besar yang semuanya mempunyai dampak penting bagi umat manusia adalah sebagai berikut:

Matahari akan terbit di Barat, menandai ditutupnya pintu pertobatan Allah, dan orang-orang kafir tak dapat berbalik lagi setelah titik ini. Dikatakan bahwa matahari akan terbenam dan tidak terbit selama tiga hari, hingga terbitnya di sebelah Barat. Ia akan terbit di tengah hari dan kemudian tenggelam seperti biasanya di Barat.

Munculnya Dajjal, dan menipu mayoritas umat manusia untuk mengikuti dan menyembah dia. Kelak ia akan dibunuh oleh Isa Almasih di Yerusalem.

Turunnya Isa Almasih dari surga dan berdoa di belakang Imam Mahdi. Pada waktunya ia akan membunuh babi, mematahkan salib, dan membunuh orang-orang kafir.

Dilepaskannya Ya'juj dan Ma'juj, menyebabkan kelaparan dan bencana di dunia, dan akhirnya menembakkan sebuah anak panah di langit untuk memperlihatkan bangsa-bangsa bahwa Allah dapat dibunuh. Anak panah ini kemudian jatuh dengan ujung yang berlumur darah, sehingga menyebabkan orang-orang mukmin yang lemah percaya akan hal itu, dan takluk kepada Ya'juj dan Ma'juj. Mereka belakangan dibunuh oleh ulat yang muncul dari lubang hidung unta, dan mayat-mayat mereka akan bertebaran di bumi.

Seorang laki-laki muncul di Medinah dan diminta oleh para ulama untuk pindah ke Mekkah. Di sana ia akan dinyatakan sebagai Kalifah dan disebut Mahdi, dan memerintah sebagai kalifah terakhir Islam yang memimpin umat manusia memasuki zaman kemakmuran yang tak pernah terlihat atau terdengar sebelumya. 

Ia juga akan meluruskan semua sekte Islam menjadi Islam yang sejati. Namanya juga Muhammad bin Abdullah, nama yang sama dengan nama Nabi. dan sebagai keturunannya ia juga memiliki sebuah tanda gelap pada pipi kanannya, dan rupa yang sama dengan Nabi Muhammad.

Perang besar antara orang-orang Muslim dengan orang-orang Yahudi di Palestina yang mengakibatkan kekalahan total orang-orang Yahudi.

Kematian Isa Almasih dan diikuti atau didahului oleh Imam Mahdi. Perhatikan bahwa hari penghakiman terjadi 60 tahun setelah naiknya Almasih ke surga.

Munculnya Dabbat al-Ard, seekor binatang yang aneh rupanya (monster) dari sebuah gunung di Mekkah, yang memiliki cincin Nabi Sulaiman dan tongkat Nabi Musa. Dabbat al-Ard akan mencap manusia sebagai orang kafir atau orang mukmin.

Akan terjadi serangan terhadap Mekkah, tetapi pasukan-pasukan penyerang itu akan tenggelam di padang pasir sebelum mencapai Mekkah.

Angin yang akan mengambil jiwa semua orang Muslim dan hanya meninggalkan orang-orang kafir di muka bumi.

Kejadian-kejadian berikut ini adalah langkah-langkah terakhir dari hari penghakiman dan terjadi di Bumi: Ditiupnya terompet pertama yang mematikan semua manusia di muka bumi, ditiupnya terompet kedua yang menandai kebangkitan, penantian akan penghakiman seluruh umat manusia, sebuah proses yang dikatakan akan berlangsung selama ribuan tahun di bawah matahari yang membakar. 

8. Zoroastrianisme

Menurut filsafat Zoroaster, yang disunting dalam Zand-i Vohuman Yasht, "Pada akhir musim dinginmu yang kesepuluh ribu... matahari semakin tak terlihat dan tampak; tahun, bulan, dan hari makin pendek, dan bumi jadi lebih tandus; dan tanaman tidak akan menghasilkan benih. Dan manusia semakin menipu dan cenderung melakukan praktik-praktik jahat. Mereka tidak mengenal rasa terima kasih."

9. Buddhisme

Menurut Sutta Pitaka, "sepuluh perilaku moral" akan lenyap dan bangsa-bangsa akan mengikuti sepuluh konsep yang tidak beramoral, yaitu mencuri, kekerasan, membunuh, berbohong, mengucapkan hal-hal yang jahat, perzinahan, kata-kata yang kotor dan ngawur, kecemburuan dan kehendak yang buruk, keserakahan yang berlebih-lebihan, dan nafsu yang menyimpang, sehingga mengakibatkan timbulnya kemiskinan yang luar biasa dan mengakhiri hukum-hukum dunia dari dharma sejati.

Baca lanjutannya: Kisah Akhir Zaman Menurut 16 Kepercayaan di Dunia (Bagian 3)

Related

Mistery 4916099667308941378

Recent

item