Kisah Istri Gembong Narkoba Meksiko: Dulu Hidup Glamor, Kini di Penjara (Bagian 1)

Kisah Istri Gembong Narkoba Meksiko: Dulu Hidup Glamor, Kini di Penjara

Emma Coronel Aispuro sempat hidup glamor di New York dan mereguk segala kenikmatan sebagai istri gembong narkoba, Joaquin Guzman Loera alias El Chapo.

Tapi kemudian dia ditahan dan dijebloskan ke penjara di Negara Bagian Virginia, Amerika Serikat. Bagaimana kini nasib perempuan yang dulu berjuluk ratu kartel narkoba itu?

Di balik jendela Rumah Tahanan William Truesdale di Kota Alexandria, Emma Coronel Aispuro menjalani hidupnya sebagai tahanan - tepatnya di sel isolasi yang kecil.

Selama berada di dalam sel, ungkap Mariel Colón Miro, pengacaranya, Emma menghabiskan waktu dengan membaca novel-novel romatis.

Kondisi rutan itu berbeda jauh dengan hidup yang pernah dia nikmati.

Beberapa bulan sebelumnya, dia berencana meluncurkan busana dengan merek El Chapo Guzman. Di Meksiko, pasangan ini dikenal punya gaya hidup mewah dan putri mereka pun terjun ke dunia mode menggunakan nama ayahnya.

Tapi kemudian, perempuan itu ditangkap di Bandara Internasional Dulles di Virgina. Dia didakwa membantu suaminya sebagai gembong narkoba menjalankan kartel Sinaloa.

Guzman sendiri harus menghabiskan waktunya di penjara Colorado dengan penjagaan maksimum, setelah divonis hukuman kurungan seumur hidup.

Biro penyelidik AS (FBI) menyatakan bahwa Coronel turut serta mengedarkan kokain dan membantu suaminya kabur dari penjara di Meksiko pada tahun sebelumnya.

Kisahnya ini bersifat personal, bagaimana dia hidup bersama suaminya yang selingkuh, menghadapi perempuan simpanan suaminya, dan menjalankan bisnis kriminal mereka - namun kisahnya mengungkap seluk-beluk rahasia kartel narkoba.

Terlepas dari pertanyaan apakah dia bersalah atau tidak, para analis yang mempelajari dunia peredaran narkoba menyatakan bahwa Coronel mengukir peran yang tidak biasa untuk dirinya sendiri.

Dia adalah figur publik, wirausaha, sekaligus sang penjaga, yang ikut mengatur siapa saja yang bisa punya akses ke suaminya, saat El Chapo mengelola kartel. 

Biasanya, istri para pengedar narkoba dilihat "sangat seksi" dan "tidak punya kuasa," kata Cecilia Farfán-Méndez, peneliti dari Universitas California di San Diego. Namun, Coronel itu berbeda. "Dia menunjukkan bahwa perempuan bisa memegang kendali kekuasaan."

Apalagi memegang kekuasaan dalam kartel narkoba sarat dengan risiko. Derek Maltz, mantan agen khusus dari Badan Penindakan Obat-obat terlarang AS (DEA), mengatakan: "Ketika Anda terlibat di bisnis ini, ada dua kemungkinan, ditangkap atau dibunuh."

Coronel tampak pantang mundur, bahkan berencana membuat perusahaan fesyen, namun para penyelidik AS berhasil mencokoknya. "Seketika itu dunia baginya serasa runtuh," kata Maltz.

Penculikan dan pembunuhan

Coronel menikmati hidangan salad yang dipotong-potong kecil di Gedung Pengadilan Distrik Federal di Brooklyn, saat menghadiri sidang suaminya. Bersama teman-temannya di kafetaria gedung tersebut, mereka bersenda gurau soal menghadapi ibu masing-masing.

"Dia punya kepribadian yang kuat," ungkap Miro, pengacaranya. "Emma yang saya tahu adalah sosok yang punya penuh energi, selalu senyum."

Coronel, yang punya dwi-kewarganegaraan Meksiko dan AS, pertama kali bertemu Guzman saat berusia 17 tahun. Tak lama, mereka menikah dan punya dua anak, yaitu Maria Joaquina dan Emali.

Semasa suaminya disidang, Coronel hampir tiap hari hadir di pengadilan. Saat jam istirahat, dia berjalan melenggang di sepanjang lorong dengan sepatu hak tinggi.

"Sang diva Sinaloa," ujar Romain Le Cour Grandmaison, seorang analis keamanan berbasis di Paris yang menghabiskan waktunya di Meksiko untuk mempelajari kartel suami istri itu.

Berhiaskan lipstik merah dan permata sambil mengenakan celana jins ketat, dia mewakili gambaran populer seorang buchona, tipikal kekasih favorit gembong narkoba.

Baca lanjutannya: Kisah Istri Gembong Narkoba Meksiko: Dulu Hidup Glamor, Kini di Penjara (Bagian 2)

Related

International 3535035651550059549

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item