Siapakah Sebenarnya ‘Bento’ dalam Lagu Iwan Fals?

Siapakah Sebenarnya ‘Bento’ dalam Lagu Iwan Fals?

Lagu Bento sebenarnya bukan hasil karya Iwan Fals sendiri. Ada sosok Naniel Yakin yang ikut membuat lagu tersebut. Pada Maret 1989, mereka dalam perjalanan dari Medan ke Lhokseumawe. Iwan Fals duduk di bangku depan mobil Jeep yang sedang meluncur, bermain gitar dan bernyanyi, sementara Naniel duduk di bangku belakang ikut membantu menuliskan lirik.

Jamming dadakan yang akhirnya tertuang dalam sketsa-sketsa musik ini kemudian hari diselesaikan bersama grup SWAMI, bersama Sawung Jabo dan kawan-kawan.

Sementara sosok Bento sendiri tidak pernah diklarifikasi secara resmi oleh Iwan Fals maupun anggota lainnya di SWAMI. Mereka sengaja membiarkan pendengar membuat persepsi sendiri, walaupun secara garis besar gambaran sosok dalam lagu Bento sangat lekat dengan penguasa Orde Baru.

"Bento itu sebenarnya nama ayam saya. Saya punya ayam dulu, ayam aduan, campuran bangkok dan apa gitu. Tapi karena dadanya pernah kelindes sama motor, agak patah di kiri. Kemudian saya pelihara sampai besar. Lalu saya namakan dia Bento, dan saya suka sekali," ungkap Iwan Fals.

Iwan Fals pernah mengatakan bahwa Bento adalah nama ayam miliknya. Tetapi hal ini tentu saja tidak bisa dianggap serius. Sebab terkadang sulit membedakan Iwan yang sedang bercanda atau serius.

Iwan Fals juga pernah mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa nama Bento dipilih agar tidak menyinggung orang lain. Berbeda halnya jika diberi nama Andi, misalnya. Sebab nama Bento sangat jarang digunakan, meskipun akhirnya dia menyesal ternyata ada nama pemain sepakbola dari Timur bernama Bento.

Related

Music 2634033971177642661

Recent

item