Ternyata Ini Penyebab Burung Hantu Bisa Memutar Lehernya

Ternyata Ini Penyebab Burung Hantu Bisa Memutar Lehernya

Tidak seperti kebanyakan burung lain yang matanya berada di sisi kanan dan kiri, sepasang mata burung hantu menghadap ke depan. Selain itu, burung hantu juga tidak bisa menggerakkan matanya. 

Karena itu, untuk bisa melihat sekeliling, burung hantu harus memutar lehernya. Bahkan, burung itu akan memutar lehernya ke belakang jika ingin melihat sesuatu yang ada di belakang tubuhnya.

Mengapa burung hantu mampu memutar lehernya dengan mudah? Burung hantu memiliki 14 tulang leher, tidak hanya 7 seperti manusia. Dengan jumlah tulang yang banyak itulah burung hantu menjadi mudah untuk memutar kepalanya ke segala arah.

Mengapa burung hantu dianggap bijaksana?

Di Mesir, Dewa Kebijaksanaan sering kali digambarkan dengan kepala burung ibis yang suci. Sementara di Yunani Kuno, burung hantu kecil dipersembahkan kepada Athene (Dewi Athena), sang Dewi Kebijaksanaan. 

Hingga saat ini, nama ilmiah untuk burung hantu kecil adalah Athene, yang secara tak langsung membawa nama sang Dewi Kebijaksanaan.

Mengapa burung hantu mencari makan di waktu malam?

Mata burung hantu sangat peka terhadap cahaya, sehingga tidak bisa melihat dengan jelas pada waktu siang. Sebaliknya, burung hantu dapat melihat dengan jelas pada waktu gelap, dan karena itulah mereka mencari makan di kegelapan malam. 

Selain itu, burung hantu juga memiliki pendengaran yang sangat bagus, sehingga mencari makan pada waktu malam benar-benar memudahkan mereka.

Related

Science 6545771448560526997

Recent

item