Pria Juga Punya Masa Subur, Ini Usia Terbaik untuk Punya Anak

Pria Juga Punya Masa Subur, Ini Usia Terbaik untuk Punya Anak

Ternyata bukan hanya wanita yang punya masa subur, pria juga punya. Seiring bertambahnya usia, jumlah dan kualitas sperma pria bisa semakin menurun.

Usia pria juga bisa mempengaruhi peluang pasangannya untuk hamil. Meski begitu, masih banyak juga pria yang tetap bisa memiliki keturunan setelah usianya mencapai 50 tahun.

Dari sudut pandang biologis, Profesor Suks Minhas mengungkapkan, waktu yang tepat untuk pria yang berencana memiliki keturunan atau anak. Waktu yang tepat adalah di akhir usia 20-an hingga awal 40-an tahun.

Ia menjelaskan, seorang wanita dengan pasangan yang berusia di atas 40 tahun memiliki peluang hamil yang lebih rendah. Sebagai contoh, Profesor Minhas mengungkapkan, seorang pria usia 45 tahun, 12,5 kali lebih mungkin membutuhkan waktu lebih dari dua tahun untuk bisa membuat pasangannya hamil.

Jika masih belum berhasil dalam waktu setahun, ia menyarankan agar pasangan suami istri itu memeriksakan kesuburannya.

"Dokter mungkin akan membantu menganalisis sperma. Di sinilah sampel sperma akan dianalisis untuk memeriksa kualitas dan kuantitas sperma," jelas Prof Minhas, dikutip dari Express UK.

Setelah itu, akan dirujuk ke spesialis pria untuk melakukan tes kesuburan tambahan. Tes ini termasuk USG skrotum, tes hormon, dan tes fungsi sperma khusus.

Umumnya, tingkat kesuburan pria akan menurun sejak usia 40 tahun. Namun, masih belum ada penelitian lebih lanjut mengenai efek penuaan pada kesuburan pria.

"Penelitian telah menunjukkan bahwa volume dan kualitas sperma cenderung menurun seiring bertambahnya usia pria, terutama dari usia 40 tahuh ke atas," jelasnya.

Related

Male 6159300172442116339

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item