Arti Worth It adalah Layak, Ketahui Perbedaannya dengan Worthy


Saat ini ada banyak sekali kata bahasa Inggris yang diselipkan dalam pembicaraan sehari-hari. Biasanya kata bahasa Inggris ini digunakan dalam berbagai hal, salah satunya di sosial media. Worth it menjadi salah satu kata bahasa Inggris yang saat ini banyak digunakan. Namun apa arti worth it?

Nyatanya, worth it merupakan bahasa resmi. Walaupun kata worth it baru populer atau sering digunakan akhir-akhir ini, terutama oleh anak muda pengguna media sosial. Dalam kata worth it, worth sebagai kata sifat biasanya diikuti kata benda. Kemudian kata it merupakan kata ganti atau pronoun dari kata benda tersebut, sehingga worth it hanya dapat digunakan ketika kalian sudah menjelaskan kata benda di awal.

Arti worth it dalam bahasa Indonesia yaitu layak atau cukup baik. Namun nyatanya tidak hanya ada kata worth it, ada pula kata lain seperti worth dan juga worthy. Semua memiliki perbedaan dan juga arti yang berbeda dalam kalimat. Sehingga penting mengetahui arti worth it dan juga perbedaannya. Agar tidak salah menempatkan kata worth it dalam kalimat.

Nah, bagi yang ingin mengetahui lebih dalam arti worth it, berikut ini arti kata worth it, beserta perbedaannya dengan worth dan worthy. 

1. Pengertian Worth It

Arti worth it dalam bahasa Indonesia yaitu layak atau cukup baik. Worth it adalah kosakata bahasa Inggris yang sering dipakai belakangan ini. Istilah ini digunakan untuk menyatakan bahwa apa yang kita dapatkan setimpal dengan harga yang kita bayar.

Namun, terkadang ada yang berkata bahwa penulisan yang betul adalah worthed, dan bukan worth it. Padahal kata worthed tidak terdapat dalam kamus bahasa Inggris. Sehingga salah bila beranggapan bahwa worth it itu adalah worthed. Mungkin secara bahasa bila digabung akan terdengar seperti worthed, namun tulisan yang tepat adalah worth it.

Sehingga kata worth it bisa kalian gunakan untuk barang atau makanan dan minuman yang kalian beli dengan harga tertentu, namun barang tersebut setimpal dengan harga yang diberikan. 

Jadi, jika menurut kita harga dan kualitas produk yang akan kita beli cocok dengan kita, itu bisa dibilang worth it. Dan jika produk atau suatu barang tidak cocok dengan bayangan kita, maka kalian bisa bilang not worth it.

2. Perbedaan Worth It, Worth, Worthy

Setelah mengetahui arti worth it, kalian perlu mengetahui perbedaan yang ada pada kata worth it. 

Ada kata lain selain worth it, kata tersebut ada worth dan worthy. Tentu saja ada perbedaan antara worth it, worth, dan worthy. Kesalahan yang paling umum terjadi yaitu tidak mengetahui perbedaan worth it, worth, worthy. Banyak yang beranggapan bahwa ketiga kosakata tersebut sama.

Misalnya dalam bahasa Indonesia, worth memiliki arti layak, patut, dan berharga. Worth berada dalam dua kelas kata, yaitu kata kata sifat dan kata benda. 

Pada dasarnya, worth it sama dengan worth. Worth sebagai kata sifat biasanya diikuti kata benda. Kata it dalam worth it merupakan kata ganti atau pronoun dari kata benda tersebut, sehingga worth it hanya dapat digunakan ketika kalian sudah menjelaskan kata benda di awal.

Ketika menggunakan worth it untuk menilai sebuah benda, maka benda tersebut harus dijelaskan di awal. Contohnya, "I don't want to buy this bag. It's not worth it."

Sama halnya dengan worth, worthy juga terbagi menjadi dua kelas kata, yaitu kata benda dan kata sifat. Worthy sebagai kata sifat yaitu sesuatu yang bisa layak untuk dihargai. Sedangkan worthy sebagai kata benda adalah orang yang dihormati atau orang terpandang.

Dari penjelasan di atas, bisa kita pahami bahwa worth dan worth it memiliki jenis kata yang sama, dan dapat digunakan dalam situasi yang sama. Hanya saja, kata worth atau worth it harus di awali dengan kata benda terlebih dahulu. Sedangkan worthy bisa digunakan sebagai kata sifat ataupun kata benda berupa orang yang harus dihormati atau orang terpandang.

Related

Education 3063870421277265963

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item