Mengenal Euskara, Bahasa Kuno yang Masih Digunakan di Spanyol dan Prancis

Mengenal Euskara, Bahasa Kuno yang Masih Digunakan di Spanyol dan Prancis

Euskara adalah bahasa yang dituturkan di Basque, Spanyol dan Prancis, di wilayah Pyrenees. Bahasa ini adalah bahasa kuno Indo-Eropa terakhir yang masih tersisa, dan digunakan hingga hari ini oleh penduduk di wilayah Basque. Bahasa ini sekarang masih dituturkan oleh sekitar 65.000 orang di Spanyol dan 50.000 orang di Prancis. 

Euskara juga merupakan bahasa kuno terakhir yang diakui sebagai bahasa resmi oleh pemerintah Spanyol. Akar bahasa Euskara berasal dari abad kedua sebelum Masehi. Bahasa ini dituturkan lebih awal sebelum masa pendudukan Romawi di semenanjung Iberia.  

Tidak seperti bahasa Latin lainnya, Euskara bukan bahasa kontemporer yang menjadi anak bahasa percabangan dari bahasa Latin, seperti bahasa Prancis, Spanyol dan Italia, yang merupakan cabang dari bahasa Latin. 

Selama perang dunia kedua, Bahasa Basque digunakan sebagai sandi oleh militer untuk berkomunikasi mengirimkan kode-kode melalui transmisi radio dan telepon pada tentara Amerika, bersama dengan bahasa asli penduduk Amerika.

Related

Science 5382002833770206245

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item