10 Fakta Menarik di Balik Pembuatan Film The Batman (Bagian 2)


Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (10 Fakta Menarik di Balik Pembuatan Film The Batman - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan urutan lebih lengkap, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

6. Pertemanan Kunci Chemistry yang Apik

Sebelum pilihan pemeran Catwoman jatuh kepada Zoe Kravitz, ada beberapa aktris sebagai kandidatnya, antara lain Eiza Gonzalez, Ana de Armas, Hannah John-Kamen, Nathalie Emmanuel, Alicia Vikander, dan Ella Balinska.

Menurut penuturan Reeves, dia memang sudah menulis karakter Catwoman/Selina Kyle dengan bayangan Zoe Kravitz sebagai pemerannya, maka dialah yang terpilih.

Di layar, chemistry Zoe Kravitz dengan Robert Pattinson sangat padu dan meyakinkan. Ternyata mereka sudah lama berteman lebih dari satu dekade, tapi memang belum pernah bertemu dalam satu film pun.

Dan mereka mulai berlatih koreografi perkelahian sebulan sebelum syuting dimulai, serta terus menyempurnakannya di sela-sela syuting berlangsung.

7. Syuting Film Dilakukan di Inggris

Nama-nama kota di dalam komik-komik terbitan DC Comics tidak pernah menggunakan nama kota asli, semua adalah nama fiktif.

Gotham, yang menjadi kota kelahiran dan tempat Batman beraksi, terinspirasi dari Kota New York dengan tampilan yang lebih kelam dan berantakan demi menggambarkan kebobrokan kehidupan di kota tersebut.

Dalam catatan produksi film-film Batman, hanya Batman Forever (1995) yang melangsungkan syuting di New York, Batman Returns (1992) dan Batman & Robin (1997) bertempat di Los Angeles, sedangkan sebagian besar film lainnya dilakukan di Inggris.

Begitupun dengan film The Batman yang menggunakan London dan Liverpool untuk penggambaran Kota Gotham. Sedangkan untuk adegan di pemakaman, dimana Batman dan Catwoman mengendarai motor masing-masing di penghujung film, Glasgow Necropolis di Skotlandia menjadi lokasinya.

8. Desain Perangkat Batman yang Mutakhir namun Klasik

Satu hal yang selalu kita tunggu kehadirannya dari film-film Batman ialah batmobile. Di setiap film, penampilan batmobile selalu berbeda, ada yang terlihat futuristik, ada juga yang hadir dengan kesan militer.

Kali ini batmobile tampil layaknya mobil sport dua pintu dengan mesin bertenaga besar, atau biasa dikenal dengan nama muscle car.

Menggunakan mesin V8 dengan kekuatan 650 horsepower pada mobil Dodge, batmobile tampak gagah dan terkesan intimidatif, terutama ketika mulai berderum dan mengeluarkan api dari knalpotnya.

Tidak sampai disitu, ketika mengejar Penguin di jalan raya, mobil dengan kecepatan tinggi ini sangat gesit menghindar dari rintangan yang ada dan melompat keluar dari api yang membuat Penguin ketakutan.

Sedangkan untuk kostum Batman didesain oleh Jacqueline Durran, Dave Crossman, dan Glyn Dillon selama setahun untuk membuat kostum dengan konsep yang mengambil referensi dari komik Batman: Legends of the Dark Knight (1989).

Robert Pattinson sendiri meminta saran dari Christian Bale tentang kostum yang akan dikenakannya, dan Bale menyarankan memilih kostum yang nyaman untuk dipakai dan ringan saat bergerak, terutama saat adegan berkelahi.

Dan bangsa Indonesia cukup bangga ketika di dalam film ini, Batman berkelahi dengan gerakan-gerakan silat yang diarahkan oleh fight trainer Daniel Arrias.

9. Musik Karya Michael Giacchino

Komposer Michael Giacchino dipercaya oleh Matt Reeves untuk mengubah komposisi musik film The Batman di bulan Oktober 2019 dan Giacchino menyelesaikan komposisi main theme kurang dari sebulan karena sangat bersemangat dan diberi kebebasan untuk berekspresi.

Walhasil, karena sudah selesai sebelum film diproduksi, komposisi ini bisa dijadikan backsound untuk promosi film.

Bagi yang sudah pernah mendengar komposisi main theme ini, sangat terasa kesan kelam di dalamnya, yang sudah cukup bisa memberikan gambaran atmosfer yang ditawarkan di dalam filmnya.

Seluruh komposisi musik selesai di bulan Oktober 2021, dengan menampilkan theme juga untuk karakter The Riddler dan Catwoman.

10. Tidak Termasuk ke dalam DC Extended Universe

Menceritakan kisah petualangan Batman di tahun keduanya dalam beraksi, membuat film The Batman tidak menjadi bagian dari DC Extended Universe.

Merupakan reboot, film ini memiliki rencana menjadi trilogi dan dikembangkan lagi dengan membuat beberapa serial, salah satu yang sudah siap diproduksi adalah The Penguin yang akan melanjutkan kisah dari film ini sebelum kehadiran sequel-nya nanti.

Itulah 10 fakta menarik film The Batman, dengan menciptakan dunia baru untuk Batman, membuat kita semakin penasaran dengan hal apa saja yang akan diberikan oleh franchise baru ini. 

Related

Film 6001646399753341028

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item