Apakah Bank Curiga kalau Nasabah Tiba-tiba Dapat Uang dalam Jumlah Besar?


Sebelum membuka rekening, pihak bank akan meminta data diri calon nasabah, seperti nama, alamat, hingga jumlah pendapatan bagi mereka yang sudah bekerja. Jadi, pihak bank akan mengetahui pergerakan transaksi yang ada dari tabungan nasabah tersebut, apakah sesuai dengan pendapatannya atau tidak.

Tapi, pernahkah terbayangkan bagi seseorang yang berpenghasilan standar atau rata-rata, lalu tiba-tiba mendapat transferan ke rekening tabungan dengan jumlah besar seperti Rp 1 miliar? Lalu, apakah bank akan mencurigai transaksi jumlah besar itu, walaupun sejatinya uang tersebut legal?

Perencana Keuangan Andy Nugroho mengatakan, pihak bank sejatinya akan mencurigai hal itu, karena ini termasuk dalam unusual money activity.

"Kalau misalkan income kita cuma Rp 5 juta, tapi ada aktivitas pergerakan transaksinya tiba-tiba masuk Rp 1 miliar? Ya tiba-tiba, bank curiga dong. Kenapa? Takutnya itu pencucian uang, hasil kejahatan, atau bahkan korupsi. Biasanya hal ini disebut dengan unusual money activity, tiba-tiba ada transaksi yang tidak lazim," ungkap Andy.

Andy menjelaskan, kalau ada seseorang yang sudah biasa bertransaksi atau berpenghasilan dengan jumlah besar, pihak bank tentu tidak akan mencurigai transaksi tersebut.

"Ya kalau misalkan kita pengusaha, tiap hari uang sliwar sliwer Rp 20 juta, Rp 50 juta, Rp 500 juta, beli ini beli itu, dapat duit dari sana dari sini, ya nantinya itu bukan unusual money activity, jadi pihak bank sudah tahu," katanya.

Andy juga menambahkan, apabila unusual money activity terjadi, padahal uang yang didapatkan itu legal, kita bisa menceritakan alasan transaksi tersebut kepada pihak bank.

"Kalau sejatinya unusual money activity itu terjadi, kita yang gajinya Rp 5 juta dapat transferan Rp 1 miliar, mungkin kita dapat warisankah? Warisan kan itu biasanya legal-legal saja. Pihak bank akan menghubungi kita, biasanya by phone dulu. Menanyakan ada uang masuk Rp 1 miliar, boleh dikasih tahu nggak ini dari mana? Ya nanti kita tinggal ceritakan saja," jelasnya.

Related

Money 456062574563672888

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item